logo
Tim Nasional | Detail

Rapor Gelandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Quadiliba Al-Farabi
Rabu, 18 Januari 2023, 12:00 WIB
Rapor Gelandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022
Gelandang Timnas Indonesia, Marc Klok (Foto: Hadi Febriansyah/sportstars.id)

SEJUMLAH penamapilan gelandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 mendapatkan sejumlah sorotan dari berbagai pihak. Terlepas dari kegagalan Skuad Garuda menembus babak final, namun sejumlah pemain tengah Indonesia mampu tampil baik.

Meski tidak semua konsisten menampilkan permainan terbaik mereka, berikut Sportstars.id rangkum rapor dari gelandang Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022 yang berlangsung sejak 20 Desember-16 Januari 2023.

Egy Maulana Vikri: 7

Eks pemain FC Vion Zlate ini tampil menjanjikan di laga-laga awal fase grup. Salah satunya saat mencetak gol pembuka dalam kemenangan 2-1 lawan Kamboja, dan gol berikutnya saat menang 7-0 atas Brunei Darussalam.

Namun penampilannya menjadi sorotan menjelang akhir fase grup. Puncaknya saat momen dia tak memberikan bola kepada rekan yang lebih berpeluang mencetak gol. Dia pun dicap egois oleh banyak warganet di Tanah Air. Dari situ, Egy lebih sering menghiasi bangku cadangan. Puncaknya saat semifinal melawan Vietnam, Egy tak tampil sama sekali di kedua leg.

Marc Klok: 9

Selebrasi Marc Klok

Gelandang Persib Bandung ini termasuk yang permainannya konsisten bahkan meningkat selama Piala AFF 2022. Tak ayal, dia selalu dipercaya Shin Tae-yong menjadi starter.

Dari enam laga yang ditempuh Timnas, Klok hanya sekali tak menjadi starter, yakni saat melawan Brunei Darussalam. Masuk menjadi pemain pengganti, dia pun tetap berhasil mencetak gol.

Klok memang hanya mencetak dua gol di ajang ini. Tapi perannya sangat penting di setiap gol-gol Timnas Indonesia. Dia juga kerap jadi inisiator setiap serangan Skuad Garuda.

Marselino Ferdinan: 8

Pemain muda Persebaya Surabaya itu juga menjadi sosok sentral di lini tengah. Di ajang ini, dia telah mencetak satu gol dan satu assist serta selalu tampil sebagai starter.

Penampilan khasnya yang cepat dan tanpa kompromi tampak merepotkan semua tim yang dihadapi. Tak ayal, dia pun mendapat predikat pemain muda terbaik di Piala AFF tahun ini.

Namun, Marselino agaknya harus lebih bisa mengontrol emosi dan menjaga kesabarannya. Sebab di semifinal lawan Vietnam, dia termasuk yang sering terpancing oleh permainan keras lawan.

Rachmat Irianto: 7,5

Rachmat Irianto cukup diandalkan Timnas Indonesia era Shin Tae-yong (Foto: Instagram/@pssi)

Bersama Klok, Rachmat Irianto kerap berkreasi di lini tengan. Dia tak mencetak gol di ajang ini, namun perannya cukup penting. Terbukti, saat dirinya absen leg kedua kontra Vietnam, serangan di lini tengah Indonesia tidak berjalan dengan baik.

Ricky Kambuaya: 7

Tak banyak terlihat peran Kambuaya selama Piala AFF 2022. Terkadang dia tampil sebagai starter, tapi tak jarang juga dia tak dimainkan. Sama seperti halnya Egy, dia juga menjadi sasaran kekesalan warganet yang dianggap bermain cukup egois.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.2070 seconds [12]