logo
Tim Nasional | Detail

Rapor Bek Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Rio Eristiawan
Rabu, 18 Januari 2023, 09:15 WIB
Rapor Bek Timnas Indonesia di Piala AFF 2022
Bek Timnas Indonesia, Jordi Amat, beraksi menghalau striker Timnas Vietnam Nguyen Tien Linh pada laga leg II semifinal Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023) malam WIB (Foto: AFF Mitsubishi Electric Cup)

JAKARTA - Lini pertahanan Timnas Indonesia sepanjang Piala AFF 2022 mendapatkan sorotan. Berikut rapor bek Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. 

Timnas Indonesia gagal menjuarai Piala AFF 2022 usai tersingkir di babak semifinal. Tim besutan Shin Tae-yong tersebut harus mengakui kehebatan Vietnam dengan agregat 0-2.

Selama fase grup Piala AFF 2022, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menerapkan formasi 4-4-2. Sementara di babak semifinal, pelatih asal Korea Selatan itu memilih menggunakan strategi 5-4-1.

Dalam babak penyisihan, Timnas Indonesia harus puas menepati posisi runner-up Grup A dengan 10 poin usai kalah selisih gol dengan Thailand yang keluar sebagai pemuncak klasemen. Skuad Garuda mencetak 12 gol dan kemasukan tiga angka, sedangkan Thailand membuat 13 gol dan dua kemasukan.

Selama Piala AFF 2022, Shin Tae-yong mengandalkan Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Pratama Arhan dan Rizky Ridho sebagai pemain bertahan. Meski Jordi Amat memiliki pengalaman di Eropa, tetapi gawang Nadeo Argawinata beberapa kali kemasukan akibat kesalahan pemain bertahan Timnas Indonesia.

Berikut rapor bek Timnas Indonesia di Piala AFF 2022:

Jordi Amat

Jordi Amat melepas umpan kepada rekan setim di laga Timnas Indonesia vs Timnas Kamboja (Foto: Instagram/@jordiamat5)
Jordi Amat melepas umpan kepada rekan setim di laga Timnas Indonesia vs Timnas Kamboja (Foto: Instagram/@jordiamat5)

Jordi Amat diharapkan bisa menjadi tembok kokoh untuk pertahanan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Namun chemistry menjadi permasalahan utama pemain berusia 30 tahun itu dengan Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho untuk menjaga pertahan Timnas Indonesia.

Selama Piala AFF 2022, Jordi Amat tampil sebanyak empat laga dengan dua di antaranya di babak penyisihan dan babak semifinal. Bek kelahiran Canet de Mar, Spanyol itu harus absen ketika Timnas Indonesia meraih kemenangan 7-0 atas Brunei Darussalam dan menaklukan Filipina 2-1 akibat akumulasi kartu kuning.

Menjadi andalan di lini pertahanan Timnas Indonesia, Jordi Amat masih belum menjalankan tugasnya dengan baik. Tercatat dari empat laga yang dimainkan, gawang Timnas Indonesia kemasukan empat gol.

Sementara di babak semifinal Piala AFF 2022 khususnya leg kedua, Jordi Amat membuat kesalahan fatal dan membuat Vietnam berhasil mencuri dua gol. Ia dan Rizki Ridho salah melakukan antisipasi, sehingga Nguyen Tien Linh berhasil mencetak gol pada menit ketiga.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1863 seconds [12]