Tim Nasional | Detail

Ramai Rumakiek Akui Sempat Minder Saat Pertama Kali Masuk Timnas Indonesia Senior

Cikal Bintang Raissatria
Minggu, 09 Januari 2022, 19:10 WIB
Ramai Rumakiek Akui Sempat Minder Saat Pertama Kali Masuk Timnas Indonesia Senior
Ramai Rumakiek (Foto: PSSI)

JAKARTA – Pemain muda Timnas Indonesia Ramai Rumakiek menceritakan awal mula perjalanannya masuk ke tim senior. Ia mengatakan tidak pernah menyangka bisa bergabung dengan Skuad Garuda di usia yang masih 19 tahun. Rumakiek mengawali karier sepak bolanya bersama tim Persipura Jayapura, hingga akhirnya berhasil menjadi pilihan pelatih Timnas Shin Tae-yong untuk Piala AFF 2020

Awalnya, Ramai Rumakiek mengaku tidak percaya berhasil masuk ke Timnas Indonesia di usianya yang masih 19 tahun. Akan tetapi, sang pelatih di Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago meyakinkannya hingga akhirnya ia masuk dalam skuad Shin Tae-yong. Setelah itu, Ramai Rumakiek melakukan debutnya bersama Skuad Garuda saat berhadapan dengan Taiwan di Kualifikasi Piala Asia 2022 pada Oktober 2021 lalu.

“Pertama, saya masih di Persipura sedang duduk bersama teman-teman, sedang main handphone, langsung mendapatkan surat pemanggilan dari coach Jacksen (F. Thiago). Saya kira mungkin pemanggilan Timnas U-20 atau U-19, ternyata saya lihat itu Timnas Indonesia,” cerita Ramai dikutip dari akun Youtube PSSI (PSSI TV), Minggu (9/1/2022).

“Saya tidak percaya. Lalu, saya tanya coach ‘itu untuk usia berapa ya coach?’ lalu coach menjawab itu untuk Timnas Senior. Awalnya saya tidak percaya juga, akan tetapi ya mau gimana lagi (ternyata benar),” tambahnya.

Setelah itu, Rumakiek justru merasa minder karena harus bersaing dengan para pemain bintang. Namun, seiring berjalannya waktu akhirnya ia berhasil menembus skuad utama Timnas Indonesia dan ikut ke turnamen Piala AFF 2020.

“Wah ini saingannya terlalu banyak, banyak pemain bintang Liga 1. Puji Tuhan, seiring berjalannya waktu itu saya terus dipanggil berulang kali, lalu sampai tidak menyangka bisa ikut Timnas Indonesia ke sini (Piala AFF 2020),” lanjutnya.

Di sisi lain, Ramai Rumakiek sendiri sudah mencatatkan dua gol dalam 10 penampilannya bersama Timnas Indonesia. Gol pertama Ramai Rumakiek dilesatkan kala meraih kemenangan atas Taiwan 2-1 di leg pertama Kualifikasi Piala Asia 2022.

Sementara, gol kedua Ramai Rumakiek tercipta saat dirinya membela Skuad Garuda dalam kemenangan atas Kamboja 4-2 di fase grup Piala AFF 2020. Kini, Ramai Rumakiek digadang menjadi salah satu bintang masa depan Timnas Indonesia.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1166 seconds [12]