Liga Inggris | Detail

Ralf Rangnick Menuju Man United, Kuatkan Invasi Pelatih Jerman di Liga Inggris

Hendry Kurniawan
Jum'at, 26 November 2021, 11:46 WIB
Ralf Rangnick Menuju Man United, Kuatkan Invasi Pelatih Jerman di Liga Inggris
Ralf Rangnick (Foto: Bundesliga)

MANCHESTER United dikabarkan telah membuat kesepakatan untuk menunjuk Ralf Rangnick sebagai pelatih interim hingga musim kompetisi 2021-2022 selesai. Datangnya Rangnick ini tak ayal semakin menguatkan pelatih-pelatih asal Jerman di Liga Inggris.

Timnas Jerman memang gagal total di Piala Dunia 2018 dan Piala Eropa 2020. Akan tetapi, kiprah para juru taktik mereka di lapangan hijau memiliki cerita berbeda. Bahkan bisa dibilang para pelatih Jerman ini telah mendominasi Eropa dalam beberapa musim terakhir.

Sejarah mencatat bahwa dalam empat musim terakhir selalu ada pelatih asal Jerman di partai final Liga Champions. Ini tentu lebih dari sekadar kebetulan. Filosofi dan gaya bermain yang diterapkan para pelatih asal Jerman terbukti ampuh membawa tim berprestasi.

Sebagaimana diketahui, Jurgen Klopp adalah sosok yang mengantarkan Liverpool kembali menjadi tim yang disegani setelah selama bertahun-tahun terpuruk. Apa yang dilakukan Klopp memang tidak instan. Butuh waktu selama empat musim baginya untuk mempersembahkan trofi pertama di Liverpool.

Kendati demikian, kini Klopp hanya tinggal memanen hasil apa yang telah ia tanam. Usai tumbang di final Liga Champions 2017-2018, ia berhasil mengantarkan The Reds ke partai puncak lagi semusim setelahnya. Dan tentunya kali ini Liverpool yang tampil sebagai juara usai melumat Tottenham Hotspur.

Pada musim 2019-2020, Liverpool asuhan Klopp memang gagal mempertahankan gelar Liga Champions, namun mereka sukses menjuarai Liga Inggris. Sedangkan trofi si Kuping Besar beralih ke pelatih asal Jerman lainnya.

Final Liga Champions 2019-2020 mempertemukan Bayern Munchen vs Paris Saint-Germain (PSG). Duel tersebut menghadirkan adu taktik dari dua pelatih Jerman, Hansi Flick dan Thomas Tuchel. Kemenangan menjadi milik Flick kala itu usai menikam PSG dengan skor tipis 1-0.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.4673 seconds [12]