MotoGP | Detail

Rahasia Karier Panjang Valentino Rossi di Ajang Balap MotoGP

Andhika Khoirul Huda
Sabtu, 25 Desember 2021, 13:40 WIB
Rahasia Karier Panjang Valentino Rossi di Ajang Balap MotoGP
Valentino Rossi menjadi sorotan utama di paddock Tim Petronas Yamaha SRT selepas balapan (Foto: MotoGP)

TAVULLIA – Valentino Rossi baru-baru ini membeberkan kunci sukses dari karier panjangnya di ajang balap MotoGP. The Doctor mengatakan berlatih Motocross jadi salah satu alasan dibalik kebugaran staminanya sebagai pembalap.

Rossi rutin berlatih motocross di trek tanah pribadinya bernama Tavullia Motorach. Pembalap asal Italia itu biasanya memanfaatkan jeda waktu balapan untuk berlatih di trek tanah.

Menurut Rossi, itu adalah salah satu faktor yang membuatnya bisa memiliki fisik yang bugar sehingga bisa memiliki karir yang panjang di MotoGP. Sembilan kali juara dunia itu juga mengatakan bahwa latihan di trek tanah membuat seorang pembalap bisa mengatasi kesulitan ketika berada dalam kondisi sulit saat balapan, seperti kehilangan grip pada motornya. 

Valentino Rossi saat berlatih Motocross di The Ranch (Foto: Instagram/Valeyellow46)
Valentino Rossi saat berlatih Motocross di The Ranch (Foto: Instagram/Valeyellow46)

“Ketika Anda bertambah tua, ketika Anda berusia di atas 30 tahun, jika Anda ingin tetap bugar, Anda harus berlatih lebih banyak lagi. Selain itu, persiapan fisik telah banyak berubah, karena motor akan  menjadi lebih sulit untuk dikendarai, mereka (motor) melaju lebih cepat, mereka harus direm lebih keras ,” kata Rossi dilansir dari Tuttomotoriweb, Sabtu (25/12/2021).

“Ini membantu untuk meningkatkan kontrol motor dalam kondisi grip yang buruk, untuk mengubah motor masuk dan keluar dari tikungan, untuk mengontrol slip, akselerator, dll. Kami selalu berpacu satu sama lain dan ini sangat membantu untuk berlatih duel satu lawan satu,” pungkas juara dunia sembilan kali itu.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1168 seconds [12]