Liga Inggris | Detail

Putra Mahkota Arab Saudi Selangkah Lagi Ambil Alih Newcastle United

Basudiwa Supraja
Kamis, 07 Oktober 2021, 17:27 WIB
Putra Mahkota Arab Saudi Selangkah Lagi Ambil Alih Newcastle United
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) selangkah lagi menjadi bos baru Newcastle United. (Foto: REUTERS)

NEWCASTLE - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) selangkah lagi mengambil alih Newcastle United. Akuisisi klub Tyneside itu kabarnya akan segera terealisasi. 

Menurut BBC, Kamis (7/10/2021), pengambilalihan klub berjuluk The Magpies itu berpotensi terjadi dalam 24 jam ke depan. Proses tersebut berjalan lancar setelah konsorsium membuktikan Negara Arab Saudi tidak akan memiliki kendali atas klub tersebut.

Public Investment Fund (PIF) sebagai kendaraan MBS untuk membayar 80 persen dana akuisisi senilai 300 juta poundsterling (Rp5,79 triliun) tersebut pun dinyatakan sebagai bagian terpisah dari negara  Saudi.

Selain itu, jalan itu juga terbuka setelah Arab Saudi mencabut larangan siaran Liga Inggris melalui beIN Sports di negara mereka. Mereka juga berjanji akan memberantas siaran Liga Inggris ilegal di sana.

Hal inilah yang memuluskan langkah MBS mendapat izin direktur Premier League. Situasi ini akan mengakhiri drama pengambilalihan Newcastle yang telah berjalan 18 bulan lamanya. 

Sebenarnya, MBS dan pemilik Newcastle, Mike Ashley, telah sepakat penjualan saham senilai 300 juta poundsterling (Rp5,79 triliun) pada Juli 2020. Namun, kesepakatan itu terganjal karena berbagai permasalahan. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1471 seconds [13]