MotoGP | Detail

Pulihkan Cedera, Franco Morbidelli Istirahat Total di Musim Dingin

Rio Eristiawan
Sabtu, 30 Oktober 2021, 13:12 WIB
Pulihkan Cedera, Franco Morbidelli Istirahat Total di Musim Dingin
Pembalap Yamaha, Franco Morbidelli (Foto: Instagram/@frankymorbido)

MISANO  - Pembalap Tim Monster Energi Yamaha, Franco Morbidelli, mengatakan perlu istirahat di musim dingin untuk proses pemulihan cedera lulutnya. Pasalnya Morbidelli masih bermasalah dengan cedera lamanya itu dan membuatnya terganggu saat balapan.

Morbidelli mengalami kecelakaan saat menjalani latihan motocross di Italia pada Agustus 2015 lalu, yang mengakibatkan kaki kirinya patah. Akibat cedera tersebut, ligamen Morbidelli mengalami kerusakan serius pada lutut kirinya.

Meski telah kembali balapan, Morbidelli ternyata tak pernah benar-benar pulih dari cederanya dan menjalani perawatan secara diam-diam hingga saat ini. 

Pada awal musim 2021, Morbidelli menjalani latihan flat track di Tavullia, Italia bersama VR46 Riders Academy dan ia terjatuh saat akan melakukan pergantian motor.

Akibat insiden tersebut, meniskus pada lutut kiri Morbidelli mengalami kerusakan dan harus  menjalani operasi. Namun, Morbidelli menolak melakukan operasi dan lebih memilih menjalani fisioterapi agar tidak absen lama untuk balapan MotoGP.

Meski belum pulih total dari cederanya, Morbidelli mengatakan keadaan kakinya sudah mulai membaik saat di MotoGP Emilia Romagna dibandingkan saat di MotoGP Amerika. Ia menjelaskan situasi saat ini membuatnya harus menyesuaikan diri dan akan berusaha tampil lebih baik musim depan.

“Masih sulit untuk menekuk lutut, tetapi sekarang saya memiliki lebih banyak kekuatan di kaki saat di Misani daripada di Austin dan saya bisa memaksa di tikungan," kata Morbidelli dilansir dari Speed Week, Sabtu (3/10/2021).

“Itulah situasinya dan saya harus membiasakan diri pada akhir musim ini. Akan lebih baik tahun depan. Tapi cedera saya sudah membaik, bukan hanya lutut itu sendiri, tetapi massa otot disekitarnya sudah membaik," ia menambahkan.

Pembalap 26 tahun itu, mengatakan perlu istirahat saat musim dingin untuk memulihkan lututnya secara penuh. Tetapi selama proses pemulihan, Morbidelli akan tetap berlatih untuk menjaga kondisinya.

“Saya perlu istirahat musim dingin agar lutut saya bisa pulih sepenuhnya. Karena sekarang terus dipakai karena tidak hanya sehat, tetapi juga harus berlatih dan berlomba. Itu belum tentu yang diinginkan lutut sekarang, tetapi saya menginginkannya dan itulah yang harus kami lakukan," ucapnya.

"Menjadi penting untuk terus melatih otot-otot di sekitar lutut, masih ada banyak ruang untuk perbaikan agar bisa bekerja. Setelah itu, liburan musim dingin akan membantu dan memastikan semuanya baik-baik saja," pungkasnya.


 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.6516 seconds [12]