Ragam Lainnya | Detail

Puas dengan Hasil SEA Games 2021, Menpora Optimistis Tatap Olimpiade Paris 2024

Andika Rachmansyah
Rabu, 25 Mei 2022, 16:20 WIB
Puas dengan Hasil SEA Games 2021, Menpora Optimistis Tatap Olimpiade Paris 2024
Menpora Zainduin Amali bersama Arpriyani dan Siti Fadia (Kemenpora)

JAKARTA – Keberhasilan kontingen Indonesia meraih peringkat tiga di SEA Games 2021 diapresiasi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali. Menpora optimistis Indonesia bisa tampil lebih baik di Olimpiade Paris 2024.

Sebelumnya Indonesia berhasil meraih peringkat tiga SEA Games ke-31 di Vietnam. Skuad Merah Putih finis di bawah Vietnam dan Thailand. Menariknya prestasi itu lebih baik dari SEA Games ke-30 di Filipina yang hanya menempati posisi keempat.

Menpora Amali mengungkapkan bahwa SEA Games 2021 menjadi ajang mengimplementasikan paradigma baru dalam pengiriman atlet. Pasalnya Indonesia tidak mau fokus mengirim banyak atlet, tapi lebih mengutamakan yang kualitas atlet yang dikirim benar-benar terseleksi oleh tim review.

“Dengan komposisi atlet yang lebih sedikit dari saat ke SEA Games Filipina yang mencapai 841 dan di Vietnam ini hanya setengahnya yakni 499 atlet tetapi dengan raihan prestasi berada di peringkat ke-3,” kata Menpora Amali, disadur dari laman resmi Kemenpora RI, Rabu (25/5/2022).

Menpora RI, Zainudin Amali, berbicara kepada jajarannya di sebuah hotel pada ajang SEA Games 2021 (Foto: Kemenpora RI)
Menpora RI, Zainudin Amali, berbicara kepada jajarannya di sebuah hotel pada ajang SEA Games 2021 (Foto: Kemenpora RI)

“Ke depan kita akan semakin ketatkan lagi dengan parameter-parameter yang lebih ketat, sehingga kesiapan kita sesuai DBON targetnya adalah olimpiade,” lanjutnya.

Menpora menegaskan bahwa di dalam DBON, SEA Games dan Asian Games hanya merupakan sasaran antara. Sasaran utama Indonesia adalah Olimpiade, yang terdekat adalah Olimpiade Paris 2024 mendatang.

“Di 2023 nanti ada SEA Games Kamboja dan Asian Games di Tiongkok. Kita berharap ini akan menjadi satu rangkaian yang akan kita persiapkan sesuai DBON yang menjadi pijakan untuk pembinaan prestasi,” ungkap Menpora Amali.

“Kita berusaha supaya ini menjadi ajang untuk kita mempersiapkan diri supaya sebanyak mungkin atlet kita yang lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024,” pungkasnya.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1448 seconds [12]