logo
Liga Indonesia | Detail

PT LIB Tetap Gelar Laga Malam Hari, Pengamat Pertanyakan Jaminan Keamanan dan Kenyamanan

Basudiwa Supraja
Rabu, 16 November 2022, 16:24 WIB
PT LIB Tetap Gelar Laga Malam Hari, Pengamat Pertanyakan Jaminan Keamanan dan Kenyamanan
Bendera Liga 1 (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Pengamat sepak bola sekaligus mantan anggota TGIPF, Akmal Marhali, mempertanyakan jaminan dari PT LIB terkait rencana tetap menggelar laga malam. Baginya saat ini tugas LIB adalah mencari cara untuk meyakinkan pemerintah.

Akmal juga berpendapat perihal waktu laga sejatinya merupakan masalah teknis semata. Semua itu tergantung bagaimana pihak operator menjamin keamanan dan kenyamanan sebelum, selama, dan setelah pertandingan.

"Yang pasti yang perlu dibenahi adalah bagaimana LIB meyakinkan pemerintah. Selain itu jaminan apa yang bisa diberikan LIB agar kasus di Kanjuruhan tidak terulang lagi. Kalau soal jam masalah teknis," ujar Akmal kepada Sportstars.id, Rabu (16/11/2022).

Akmal Marhali bertemu dengan salah satu korban Tragedi Kanjuruhan (MPI/Avirista)

LIB disarankan untuk tidak menggelar laga berisiko tinggi (high risk) pada malam hari. Hal ini diambil setelah berkaca dari tragedi di Kanjuruhan awal Oktober lalu.

Pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya merupakan salah satu laga yang berisiko tinggi. Mengingat dua klub besar tersebut merupakan rival sengit sejak lama.

"LIB harus bisa meyakinkan pemerintah lewat suatu promosi yang masif bahwa mereka akan berbeda dari sebelumnya. Misalnya ada pakta integritas dari suporter, wasit, atau regulasi baru pengamanan di stadion," lanjut Akmal.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1784 seconds [12]