Tim Nasional | Detail

PT LIB Ikuti Rencana PSSI Liburkan Liga 1, Peluang Emas Shin Tae-Yong

Basudiwa Supraja
Jum'at, 26 November 2021, 09:56 WIB
PT LIB Ikuti Rencana PSSI Liburkan Liga 1, Peluang Emas Shin Tae-Yong
Duel Madura United vs Arema FC masih berlangsung alot pada babak pertama Liga 1 2021-2022 (FOTO: Twitter @Liga1Match).

JAKARTA- Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) Akhmad Hadian Lukita, mengatakan dirinya siap mengikuti arahan PSSI terkait rencana meliburkan Liga 1 2021-2022 pada Desember mendatang.

Hal ini seiringan dengan berlangsungnya ajang Piala AFF 2020 dan penerapan kembali PPKM Level 3 oleh pemerintah pusat di sejumlah daerah menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Hadian Lukita, mengungkapkan bahwa berbagai pertimbangan pasti segera dilakukan oleh PSSI. 

“Berbagai pertimbangan pasti akan dilakukan oleh PSSI, kami sebagai operator siap melaksanakan arahan dari PSSI,” ungkap Hadian Lukita kepada Sportstars, Kamis (25/11/2021).

Dihubungi terpisah PSSI juga tengah berencana meliburkan Liga 1 2021-2022 pada Desember mendatang. Hal ini berkaitan agar para pemain Timnas yang ada di klub domestik dapat bergabung di Piala AFF 2020 nanti.

“Iya, konsen PSSI diliburkan agar pemain timnas yang ada di klub bisa gabung di AFF nanti,” jelas Sekjen PSSI, Yunus Nusi, kepada Sportstars, Kamis (25/11/2021).

Akan tetapi hal itu baru akan diputuskan pada rapat Komite Eksekutif (Exco) pekan depan. Pasalnya Desember nanti juga mendekati hari raya Natal dan tahun baru yang berpotensi adanya ledakkan massa saat liburan sehingga berpotensi dalam penyebaran Covid-19.

“Minggu depan diputuskan,”pungkas Yunus Nusi.Saat ini Liga 1 tengah menjalankan seri ketiganya hingga 24 Desember mendatang. Seiring dengan itu, Piala AFF 2020 juga akan digelar pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022 di Singapura.

Jika keputusan Liga 1 tersebut memang benar diliburkan, maka potensi peluang pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, akan semakin besar untuk menarik beberapa pemain potensial lainnya untuk membela Timnas. 

Seperti diketahui, sebelumnya ada kesepakatan antara PSSI dan PT LIB dengan klub peserta Liga 1 bahwa pelatih Timnas Indonesia hanya bisa memanggil maksimal dua pemain per-klub untuk pagelaran Piala AFF 2020.

Karena kebijakan tersebut, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong hanya memanggil 26 pemain untuk menjalani TC dan uji coba di Turki. Sementara pada Piala AFF 2020 nanti setiap kontestan diperbolehkan mendaftarkan 30 pemain.

Jika benar Liga 1 akan diliburkan pada Desember mendatang, Shin Tae-yong diyakini akan lebih leluasa dalam melengkapi skuad dengan pemain yang sesuai kebutuhan taktikalnya dan tidak lagi dibatasi kebijakan dua pemain per klub.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1650 seconds [13]