logo
Tim Nasional | Detail

PSSI Tetap Didesak Keluar AFF, Meski Thailand dan Vietnam Gagal ke Final Piala AFF U-19

Basudiwa Supraja
Kamis, 14 Juli 2022, 13:45 WIB
PSSI Tetap Didesak Keluar AFF, Meski Thailand dan Vietnam Gagal ke Final Piala AFF U-19
Timnas Indonesia U-19 benar-benar tampil gacor dalam 2 laga Piala AFF U-19 2022. (FOTO: Instagram @pssi_

JAKARTA - Kegagalan Timnas Thailand dan Vietnam U-19 melaju ke final Piala AFF U-19 2022 tampaknya masih belum menghilangkan kekesalan para suporter Timnas Indonesia.

Nyatanya, Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) tetap didesak untuk keluar dari Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) oleh para pecinta sepak bola Tanah Air.

Sikap tersebut pun mendapat perhatian dari media Malaysia, Makan Bola. Mereka menemukan dorongan para warganet Indonesia yang meminta PSSI tetap angkat kaki dari keanggotaan AFF.

Sebagaimana diketahui, luka para suporter Timnas Indonesia itu muncul sejak adanya indikasi sepak bola gajah pada laga Thailand vs Vietnam di partai akhir babak penyisihan grup A Piala AFF U-19 2022. 

Thailand dan Vietnam diduga sengaja tidak ingin saling menyerang setelah skor imbang 1-1. Mereka bahkan terlihat mengulur waktu pertandingan yang masih tersisa 10-15 menit lagi. Beberapa pemain juga seketika mengeluh kesakitan dan minta penanganan medis.

Hasil imbang 1-1 tersebut otomatis membuat Skuad Merah Putih gagal melangkah karena tersandung aturan head to head. Ya, Skuad Garuda U-19 gagal mencetak gol pada pertemuan mereka dengan kedua tim tersebut.

Kini Thailand dan Vietnam dinilai kena karma. The Golden Star-julukan Vietnam- kalah dari Malaysia 0-3, sedangkan Thailand tumbang 0-2 oleh Laos.

Meski demikian, netizen Indonesia disebut belum puas. Melansir dari Makan Bola, mereka justru menganggap kegagalan Thailand dan Vietnam itu sebagai bujukan agar Timnas Indonesia tidak keluar dari AFF.

“Walaupun kedua negara tak memastikan lolos ke putaran final, saya berharap pak ketua PSSI dan Menpora tetap mendengarkan aspirasi masyarakat untuk tetap keluar dari ke anggotaan AFF untuk selamanya,” tulis Mustapa Sila, dikutip dari Makan Bola, Kamis (14/7/2022).

“Ini udah skenario biar Indonesia gak keluar dari AFF. Ayo netizen harus desak PSSI agar Indonesia wajib keluar dari AFF. Kita bangsa yang besar gak boleh di permainkan macam anak kecil," tambah Jordan Daniel.

Andai itu dikabulkan, Indonesia bisa saja berada di bawah naungan langsung AFF. Namun belum tahu langkah apa yang akan diambil oleh PSSI nantinya.
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1838 seconds [12]