Tim Nasional | Detail

PSSI Siapkan Sanksi Pemain Mangkir Panggilan Timnas Indonesia

Hadi Febriansyah
Selasa, 05 Oktober 2021, 12:12 WIB
PSSI Siapkan Sanksi Pemain Mangkir Panggilan Timnas Indonesia
Sekjen PSSI, Yunus Nusi (FOTO: PSSI).

JAKARTA - Pemanggilan pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia selalu menjadi polemik di Indonesia. Ada beberapa tim yang merasa digembosi karena banyak pemain yang dipanggil, ada juga tim yang tidak memperbolehkan pemainnya bermain di Timnas.

Kasus paling terbaru datang dari pemain Borneo FC, Rifad Marasabessy yang tidak datang ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia yang berlangsung di Jakarta. Shin Tae-yong pun langsung mengganti sang pemain dengan pemain Bali United, Yabes Roni.

Tidak sampai di situ saja, yang paling terbaru ada bek Arema FC, Johan Alfarizi yang dipulangkan Shin Tae-yong karena beralasan sakit. Namun Alfarizi justru bermain untuk Arema FC ketika menghadapi Persela Lamongan.

Ternyata ini menjadi sorotan PSSI, mereka langsung menyiapkan sanksi untuk para pemain yang mangkir dari panggilan Timnas Indonesia. Kepastian ini disampaikan langsung Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi.

"Iya kami sedang mempersiapkan sanksi tersebut. Saat ini departemen teknik PSSI sedang mengkaji hal tersebut dan mengevaluasi," kata Yunus Nusi kepada SportStars.id, Selasa (05/10/2021).

"Dari beberapa pemain, banyak alasan-alasan yang berbeda. Nanti sepulang dari Thailand kami akan melakukan rapat kembali untuk membahas masalah ini. Kami masih menunggu laporan dari yang bersangkutan," tambah Yunus Nusi.

Berkaca dari Federasi Sepakbola Brasil (CBF), mereka pernah mengeluarkan larangan bermain kepada pemain yang tak memenuhi panggilan timnas untuk melakoni laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL.

Delapan pemain tersebut adalah Fred (Manchester United), Thiago Silva (Chelsea), Roberto Firmino, Alisson Becker, Fabinho (Liverpool), Gabriel Jesus, Ederson (Manchester City), dan Raphinha (Leeds United).

Dalam aturan FIFA, para pemain memang wajib hadir memenuhi panggilan timnas yang akan bermain di laga resmi. Jika menolak, mereka bisa dilarang bermain selama 5 hari setelah jeda internasional berakhir.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2089 seconds [12]