Liga Indonesia | Detail

PSSI Pastikan Indonesia Dapat Jatah 1 Wakil di Liga Champions Asia dan 2 di AFC Cup 2023

Rifqi Herjoko
Kamis, 13 Januari 2022, 20:45 WIB
PSSI Pastikan Indonesia Dapat Jatah 1 Wakil di Liga Champions Asia dan 2 di AFC Cup 2023
Persija Jakarta saat tampil di Play-off Liga Champions Asia (Foto: Newcastle Jets)

JAKARTA – PSSI resmi mengumumkan bahwa tiga klub Liga 1 mendapat jatah berlaga di Liga Champions Asia dan Piala AFC 2023. Lantas, siapa saja klub-klub yang berhak meraih tiket tersebut?

Informasi tersebut disampaikan federasi sepak bola Tanah Air melalui laman media sosial resminya Senin (11/1/2022). PSSI menyampaikan detail terkait jumlah klub yang berhak mewakili Indonesia di masing-masing turnamen.

"Indonesia mendapatkan satu jatah untuk mengikuti gelaran Liga Champions Asia 2023. Namun demikian, klub perwakilan Indonesia terlebih dahulu harus menjalani play-off di regional timur," tulis PSSI dalam instagram resmi mereka.

Selain itu, Indonesia juga mendapatkan dua jatah di Piala AFC 2023. Adapun rinciannya satu klub otomatis lolos langsung ke putaran grup, sedangkan satu klub lagi harus melalui play-off terlebih dahulu.

Lantas, klub mana saja yang berhak mendapatkan tiket berlaga di kedua ajang tersebut? Tentunya, ketiga tim itu adalah tiga klub teratas pada klasemen akhir Liga 1 2021-2022.

Namun demikian, klub yang menempati posisi tersebut belum pasti mendapatkan tiket ke kedua ajang regional itu, lantaran ada aturan yang menyebut bahwa klub yang berpartisipasi di kompetisi Asia harus memiliki lisensi klub profesional AFC.

Seperti diketahui, hanya ada sembilan klub yang mendapatkan lisensi tersebut pada tahun lalu. Klub-klub tersebut yakni Bhayangkara FC, Bali United, Borneo FC, Madura United, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, Arema FC, dan PSM Makassar.

Menariknya, terakhir kali Indonesia menempatkan wakilnya di Liga Champions Asia adalah di musim 2020. Saat itu, Bali United gagal ke fase grup setelah kalah di babak penyisihan putaran kedua wilayah timur. Serdadu Tridatu menelan kekalahan telak 0-5 melawan klub asal Australia, Melbourne Victory.

Lantas, menarik untuk melihat tim mana saja yang akan mewakili Indonesia di kedua ajang tersebut nanti. Tentunya, kita perlu menunggu hingga Liga 1 2021-2022 selesai digelar untuk mendapatkan kepastian terkait tiga wakil Tanah Air itu.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1141 seconds [13]