Liga Indonesia | Detail

PSSI Berencana Tambah Asisten Wasit Garis Gawang di Liga 1 dan Liga 2

Rifqi Herjoko
Kamis, 25 November 2021, 06:30 WIB
PSSI Berencana Tambah Asisten Wasit Garis Gawang di Liga 1 dan Liga 2
Ketum PSSI Mochamad Iriawan bersilaturahmi dengan para wasit di Liga 1 2021-2022 (Foto: PSSI)

JAKARTA – Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) bakal melakukan sebuah perbaikan dalam sistem wasit di kompetisi domestik saat ini. PSSI berencana menugaskan asisten wasit tambahan, yakni wasit kelima dan keenam, demi membantu kelancaran jalannya pertandingan.

Dilansir dari laman PSSI Kamis (25/11/2021), asisten wasit tambahan itu rencananya akan ditugaskan pada seri keempat Liga 1 2021-2022 dan semifinal Liga 2 2021. Rencananya, kedua wasit itu akan berada di garis gawang.

Namun demikian, terdapat sedikit tantangan bagi PSSI untuk melakukan hal ini. Pasalnya, mereka harus bersurat terlebih dahulu dan menunggu persetujuan dari Konfederasi Sepak bola Asia (AFC).

Sebagai informasi, sebuah laga sepak bola lazimnya menggunakan 4 perangkat pertandingan yang terdiri dari wasit  tengah (1 orang), asisten wasit (2 orang) dan wasit cadangan (1 orang). PSSI berencana untuk menambah jumlah tersebut.

Hal itu tidak melanggar Peraturan Permainan dari FIFA. Lebih lanjut, rencana ini merupakan sebuah solusi jangka pendek untuk memperbaiki kinerja wasit sambil menunggu diterapkannya VAR (Video Assistant Referee) di kompetisi sepak bola Indonesia.

Keputusan ini diambil pada rapat terbaru PSSI yang dipimpin oleh Ketua Umum Mochamad Iriawan. Selain itu, rapat turut dihadiri oleh Waketum PSSI Iwan Budianto, Sekjen PSSI Yunus Nusi, Exco Ahmad Riyadh sekaligus Ketua Komite Wasit, dan Departemen wasit.

Hasil rapat tersebut memutuskan dua hal, pertama adalah penambahan asisten wasit tambahan. Kedua, PSSI juga akan mendatangkan Direktur Teknik wasit dari luar negeri yang bertugas mengevaluasi dan merekomendasikan wasit dalam laga.

Ketum PSSI Mochamad Iriawan lantas buka suara terkait keputusan terbaru federasi kali ini. Dia berharap kinerja wasit bisa meningkat dengan adanya bantuan dari asisten wasit tambahan tersebut.

‘’Jadi, dengan adanya asisten wasit tambahan ini dan mengontrak direktur teknik wasit, kesalahan-kesalahan wasit yang selama ini kita lihat bisa diminimalisasi dan dievaluasi. PSSI ingin ke depan ada perubahan yang signifikan terhadap sepakbola Indonesia,’’ Iriawan memungkasi.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2850 seconds [12]