Liga Indonesia | Detail

PSSI Akan Datangkan Lagi Direktur Teknik Wasit Asing, Terakhir dari Jepang

Basudiwa Supraja
Kamis, 25 November 2021, 12:45 WIB
PSSI Akan Datangkan Lagi Direktur Teknik Wasit Asing, Terakhir dari Jepang
Ketum PSSI Mochamad Iriawan bersilaturahmi dengan para wasit di Liga 1 2021-2022 (Foto: PSSI)

JAKARTA- PSSI berencana akan mendatangkan kembali Direktur Teknik Wasit asing. Nantinya PSSI akan berkonsultasi terlebih dahulu dan meminta rekomendasi dari Federasi Sepak Bola Asia (AFC). 

Selain Direktur Wasit, PSSI juga juga dalam waktu dekat akan menerapkan penambahan dua asisten wasit yang bertugas di dekat gawang. Hal itu seperti diugkapkan Ketum PSSI Mochamad Iriawan dalam keterangan resminya.

"Jadi dengan asisten wasit tambahan ini dan mengontrak direktur teknik wasit, kesalahan-kesalahan wasit yang selama ini kita lihat, bisa diminimalisasi dan dievaluasi. PSSI ingin ke depan ada perubahan yang signifikan terhadap sepakbola Indonesia,’’ kata Iriawan, dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (25/11/2021).

Sebelumnya PSSI pernah menunjuk mantan asisten wasit asal Jepang, Toshiyuki Nagi, sebagai Direktur Teknik Wasit pada 2018 lalu. Nagi sendiri menurut informasi dari laman resmi PSSI telah menyatakan diri untuk pensiun pada 2018 lalu. 

Namun berkat permintaan Federasi Sepak bola Jepang (JFA) agar Nagi membantu perwasitan di Indonesia, maka dia menerima kesepakatan tersebut.

Penunjukkan Nagi tersebut merupakan salah satu bagian dari kerja sama MoU antara PSSI dan JFA. Nagi juga pernah memberikan materi dalam kursus penyegaran Referee Assessor. Itu juga merupakan salah satu poin dari MoU tersebut.

Saat ini PSSI tengah menunggu persetujuan AFC untuk Direktur Teknik Wasit baru tersebut. Peran direktur tersebut nantinya akan mengevaluasi dan merekomendasi wasit dalam setiap pertandingan Liga 1.

Keinginan PSSI tersebut tak jauh dari dorongan kasus kesalahan wasit yang kerap terjadi di Liga 1. Mereka juga akan membuat sebuah wacana tentang penambahan dua asisten wasit jelang seri keempat Liga 1 2021-2022 di Bali.

Perlu adanya perhatian lebih tegas terhadap para wasit yang mengatur laga di Indonesia. Pasalnya peran hakim pertandingan itu sangat mempengaruhi kepercayaan para penonton.

Belum lagi munculnya kasus pengaturan skor yang terus terjadi hingga saat ini. Padahal sebelumnya Indonesia pernah mendatangkan Nagi yang memiliki sejumlah prestasi di dunia perwasitan. Salah satunya adalah 18 kali menjadi wasit Kualifikasi Piala Dunia zona Asia yang merupakan ajang bergengsi internasional.

"Ya, wacana soal Direktur Teknik Wasit itu saya dengar saat rapat Exco kemarin. Tapi untuk realisasinya step by step mana yang menjadi prioritas lebih dibutuhkan saat ini," kata Hasani kepada Sporstars.id.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3300 seconds [12]