Basket | Detail

Profil Steve Kerr, Orang Pertama yang Raih Empat Gelar NBA sebagai Pemain dan Pelatih

Fitradian Dhimas Kurniawan
Jum'at, 17 Juni 2022, 15:31 WIB
Profil Steve Kerr, Orang Pertama yang Raih Empat Gelar NBA sebagai Pemain dan Pelatih
Steve Kerr membawa Golden State Warriors meraih empat titel NBA (Foto: Reuters/Steve Butler)

BOSTON - Golden State Warriors memastikan gelar juara NBA 2021-2022. Steve Kerr merupakan pelatih yang berada dibalik kedigdayaan Stephen Curry dkk pada musim ini.

Dengan keberhasilan itu, Kerr menjadi sosok pertama yang sukses sebagai pemain dan pelatih. Bagaimana tidak, dia menjadi orang pertama yang merenggut setidaknya empat gelar NBA, baik sebagai pemain dan pelatih.

Kerr sendiri tumbuh sebagai pencinta basket. Lahir di Beirut, Lebanon, pada 27 September 1965, Kerr pindah ke Amerika Serikat pada usia 18 tahun. Dia pun bergabung dengan University of Arizona, tempatnya berkuliah dan memulai karier basket.

Steve Kerr jatuh cinta dengan basket sejak masih remaja (Foto: Reuters/Darren Yamashita)
Steve Kerr jatuh cinta dengan basket sejak masih remaja (Foto: Reuters/Darren Yamashita)

Tepatnya pada 1983, Kerr mulai bermain untuk University of Arizona. Kemampuannya dalam bermain basket pun diakui, sehingga dipanggil oleh Timnas Basket AS pada Kejuaraan Dunia FIBA 1986.

Begitu menyudahi kuliahnya pada 1988, basket pun menjadi jalur yang dituju. Kerr membela sejumlah tim legendaris, seperti Phoenix Suns, Cleveland Cavaliers, Orlando Magic, Chicago Bulls, Portland Trail Blazers, dan San Antonio Spurs.

Sebagai pemain, penampilan Kerr juga tak perlu diragukan. Bagaimana tidak, dia berhasil meraih lima gelar NBA, termasuk tiga di antaranya ketika masih membela Bulls bersama Michael Jordan. Sedangkan dua titel terakhir direbut bersama Spurs.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1398 seconds [13]