logo
Tim Nasional | Detail

Profil Shayne Pattynama, Jebolan Ajax yang Kini Jadi Milik Timnas Indonesia

Rifqi Herjoko
Rabu, 25 Januari 2023, 09:35 WIB
Profil Shayne Pattynama, Jebolan Ajax yang Kini Jadi Milik Timnas Indonesia
Shayne Pattynama mencium Bendera Merah Putih usai resmi menjadi WNI, Selasa (24/1/2023) sore WIB (Foto: MPI/Arif Julianto)

JAKARTA – Berikut ini merupakan profil dari Shayne Pattynama. Pemain keturunan Indonesia-Belanda itu kini resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Dia sudah bisa membela Timnas Indonesia.

Shayne Pattynama merupakan satu dari tiga pemain keturunan yang menjalani proses naturalisasi di era pelatih Shin Tae-yong. Dua pemain lain, Jordi Amat dan Sandy Walsh, telah resmi menjadi WNI dan dapat memperkuat Timnas Indonesia. 

Terbaru, Shayne Pattynama telah menjalani tahapan terakhir dari proses naturalisasi, yaitu pengambilan sumpah WNI. Kegiatan tersebut dilakukan di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Shayne Pattynama pun resmi menjadi WNI usai menjalani tahap terakhir proses naturalisasi tersebut. Dia bisa memperkuat Timnas Indonesia di agenda terdekat, yaitu FIFA Matchday pada bulan Maret mendatang.

Masih banyak publik Tanah Air yang belum mengenal lebih dalam Shayne Pattynama. Pemain berusia 24 tahun itu tengah memperkuat klub Liga Norwegia, Viking FK. Pattynama berposisi asli sebagai bek kiri.

Shayne Pattynama lahir di Lelystad, Belanda, 11 Agustus 1998. Dia mulai mendalami dunia sepak bola pada usia enam tahun. Pattynama bergabung di Akademi SV Lelystad ’67 pada 2004. Kemudian, dia pindah ke Akademi Ajax Amsterdam pada 2007. Saat itu, usianya masih 9 tahun.

Ketika beranjak remaja, Pattynama bergabung dengan Akademi FC Utrecht di tahun 2010. Dia berada di sana selama tujuh tahun. Dia lalu masuk ke dalam skuad Utrecht U-21 pada 2017. Selanjutnya, Pattynama memutuskan pindah ke SC Telstar pada 2019.

Bek berpostur 185 cm itu cukup banyak mencatatkan penampilan di sana. Selanjutnya, Pattynama hijrah ke Norwegia dan bergabung ke Viking FK pada 2021. Dia masih memperkuat klub tersebut hingga kini. Pemain naturalisasi anyar itu diharapkan mampu tampil baik bersama Timnas Indonesia nanti.

Editor : Muhammad Pratama Supriyadillah

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1876 seconds [13]