logo
Netting | Detail

Profil Oma Gill, Komentator BWF yang Punya Segudang Prestasi

Muammar Yahya Herdana
Rabu, 27 Juli 2022, 08:46 WIB
Profil Oma Gill, Komentator BWF yang Punya Segudang Prestasi
Komentator BWF, Oma Gill (Foto: 360 Badminton)

LONDON - Nama Oma Gill sudah sangat dikenal oleh para pecinta bulu tangkis dunia, termasuk Indonesia. Dipercaya menjadi komentator BWF, Oma Gill ternyata punya segudang prestasi di dunia bulu tangkis.

Memiliki nama lengkap Gillian Margaret Clark, wanita berusia 60 tahun itu adalah mantan atlet bulu tangkis Inggris. Meski lahir di Baghdad, Irak, 2 September 1961, Oma Gill merupakan warga negara Inggris.

Sebelum memutuskan berkarier sebagai komentator BWF, Oma Gill merupakan atlet bulu tangkis spesialis ganda putri dan ganda campuran. Sepanjang kariernya, Oma Gill pun telah mengoleksi berbagai gelar juara pada cukup banyak turnamen.

Oma Gill dijuluki ratu bulu tangkis Inggris (Foto: Badminton England)
Oma Gill dijuluki ratu bulu tangkis Inggris (Foto: Badminton England)

Oma Gill sukses menjadi peraih medali emas Kejuaraan Eropa sebanyak empat kali, dengan rincian tiga medari di nomor ganda putri dan satu di ganda campuran.

Pada tahun 1982, Oma Gill sukses meraih medali emas bersama dengan Gillian Gilks, 1984 bersama Karen Chapman, dan 1986 dengan Gillian Gowers. Sedangkan pada tahun 1988 dia meraih gelar bersama pebulu tangkis Denmark, Steen Fladberg.

Namun duetnya bersama Gowers yang cukup menarik perhatian. Oma Gill sukses meraih cukup banyak prestasi di IBF World Grand Prix dengan menyabet medali emas. Seperti Japan Open 1983, Dutch Open 1983, Denmark Open 2986, Scottish Open 1989, dan masih banyak lagi.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2449 seconds [12]