Basket | Detail

Profil Marques Bolden: Pebasket Naturalisasi Indonesia yang Mentas di NBA

Basudiwa Supraja
Jum'at, 08 Oktober 2021, 06:19 WIB
Profil Marques Bolden: Pebasket Naturalisasi Indonesia yang Mentas di NBA
Marques Bolden adalah pebasket NBA yang dinaturalisasi oleh Indonesia (Foto: Instagram @marques)

UTAH - Belakangan ini nama Marques Bolden cukup ramai diperbincangkan publik. Maklum saja, sebab Bolden baru dinaturalisasi dan kini memegang kewarganegaraan Indonesia. Menariknya, Bolden tergolong pemain hebat karena mampu mentas di NBA bersama Utah Jazz.

Marquez Bolden diketahui sudah menjadi bintang basket di sekolah daerah asalnya, DeSoto High School. Tepat pada 2016, ia memimpin tim meraih gelar kejuaraan Negara Bagian kelas 6A Texas.

Pria kelahiran Dallas, Texas, Amerika Serikat itu juga pernah dinobatkan sebagai Texas Mr. Basketball dan Texas Association of Basketball Coaches Association(TABC) 6A Player of The Year. Gelar itu ia raih ketika duduk di bangku SMA pada 2016.

Bakat Bolden sangat memukau, pada tahun yang sama, ia berpartisipasi dalam dua laga all star bertajuk McDonalds All-American Game dan Jordan Bond Classic. Pria yang lahir pada 17 April 1998 itu dianggap sebagai rekrutan bintang lima.

Menginjak level kuliah, Bolden juga pernah membela Duke University. Perjalanan karir sang naturalisasi itu tak berjalan mujur saat itu. Ia terpaksa absen pada laga pertama musim 2016/2017 karena cedera kaki. Hal yang terlewatkan terjadi saat Bolden sakit. Ia tak dapat mengikuti Turnamen National Collegiate Athletic Association (NCAA).

Badai pasti berlalu, di tahun kedua kuliah Bolden kembali bangkit dalam karir basketnya. Ia mampu mencetak rata-rata 3,9 poin dan 3,6 rebound per laga. Saingan atasnya saat itu adalah Wendell Carter Jr yang saat ini bergabung di Orlando Magic dan Marvin Bagley III, pemain Sacramento Kings saat ini.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3278 seconds [13]