logo
Liga Indonesia | Detail

Profil Maaike Ira Puspita: Wapres AFF Wanita Kedua Setelah Ratu Tisha

Basudiwa Supraja
Senin, 14 November 2022, 15:00 WIB
Profil Maaike Ira Puspita: Wapres AFF Wanita Kedua Setelah Ratu Tisha
Maaike Ira Puspita, (kanan) resmi menjadi Wakil Presiden AFF periode 2022-2026 (Foto: PSSI)

BERIKUT profil Maaike Ira Puspita yang baru saja resmi menjadi Wakil Presiden AFF periode 2022-2026. Maaike tercatat menjadi wanita kedua yang menjabat peran tersebut setelah Ratu Tisha.

Maaike adalah sosok wanita baru di dunia sepak bola Indonesia. Namanya mengemuka sejak resmi terpilih menjadi Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PSSI pada 2020 lalu.

Dia pun merupakan salah satu wanita yang berada dalam kepengurusan PSSI. Adapun sosok kaum hawa lainnya adalah Vivin Cahyani yang saat ini berstatus sebagai anggota Eksekutif Komite (Exco).

Maaike menjabat sebagai Wasekjen PSSI selama periode 2019-2022. Dia pun maju mencalonkan diri dalam pemilihan Wapres dalam Kongres AFF yang digelar hari ini, Senin (14/11/2022).

Terpilihnya Maaike di posisi tersebut pun sekaligus menggantikan Ratu Tisha yang masa jabatannya akan segera habis pada 2023 mendatang. Maaike nantinya akan bekerja sama dengan tiga Wapres AFF baru lainnya.

Peran Maaike di AFF dinilai sebagai generasi penerus wakil dari Indonesia. Terlepas dari itu, Maaike memiliki hubungan keluarga dengan Ketua Umum (Ketum) PSSI saat ini, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

Maaike merupakan istri dari adik Iriawan, AKBP Muhammad Sandy Hermawan, yang saat ini menjabat sebagai Kapolres Kepulauan Seribu. Bersama PSSI, Maaike memiliki andil penting dalam memajukan sepak bola wanita.

Dia pun berjanji untuk terus memajukan sepak bola Indonesia selama menjabat sebagai Wapres AFF. Sepak bola wanita juga tidak luput dari perhatian Maaike.

“Insya Allah amanah ini bisa saya emban sebaik mungkin. Dan, semoga dengan kepercayaan yang diberikan kepada saya bisa memberikan kontribusi penting untuk kemajuan sepak bola Indonesia, termasuk sepak bola perempuan di Indonesia,” ujarnya, dikutip dari laman PSSI, Senin (14/11/2022).

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2328 seconds [12]