logo
Liga Inggris | Detail

Profil Klub Liga Inggris 2022-2023: Ujian Chelsea Tanpa Roman Abramovich

Quadiliba Al-Farabi
Kamis, 04 Agustus 2022, 05:00 WIB
Profil Klub Liga Inggris 2022-2023: Ujian Chelsea Tanpa Roman Abramovich
Chelsea menang tipis 2-1 atas Club America di laga uji coba pramusim (Foto: Twitter/Chelsea)

LONDON - Salah satu klub sepak bola yang paling terdampak dari perang Rusia-Ukraina adalah FC Chelsea. Entah itu dampak baik atau buruk, yang pasti itu sangat merubah tatanan keorganisasian di dalam tim.

Pemilik yang telah membesarkan klub London itu selama 18 tahun, Roman Abramovic terpaksa mencabut kepemilikannya awal tahun ini. Pria Rusia itu kedapatan memiliki hubungan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin yang notabene dilarang pemerintah Inggris.

Posisinya digantikan oleh miliarder asal Amerika Serikat, Todd Boehly. Belum genap satu tahun menjabat, pria dengan total kekayaan 4,5 miliar Dollar Amerika atau sekira Rp67 triliun ini sudah membuat skuad The Blues semakin mewah.

Satu yang terbaru adalah penandatanganan striker haus gol dari Manchester City, Raheem Sterling. Ditambah lagi pemain bertahan serba bisa Kalidou Koulibaly dari Napoli.

Namun kedua pemain ini bisa saja menjadi perjudian bagi Chelsea di musim baru nanti. Itu mulai terlihat dari hasil minor di laga pramusim beberapa waktu lalu.

Dalam tiga pertandingan, The Blues-julukan Chelsea harus kalah sebanyak dua kali yakni melawan Arsenal dengan skor 0-4 dan Charlotte FC lewat adu penalti.

Berkaca dari hasil itu, sulit rasanya untuk Chelsea menyaingi The Big 6 Liga Inggris musim ini. Oleh karena itu, masih perlu evaluasi maupun perombakan komposisi pemain skuad asuhan Thomas Tuchel itu.

Transfer Pemain
Chelsa tampaknya sadar akan kekurangan mereka sejauh ini. Pasalnya mereka tidak diam saja selama bursa transfer musim panas berlangsung. Mereka bahkan menjadi salah satu klub yang paling sibuk berupaya mendatangkan pemain.

Raheem Sterling Resmi Bergabung dengan Chelsea (Foto: Media Chelsea)

Namun sebanyak itu juga mereka kerap kalah saing dengan klub-klub Eropa lainnya. Apalagi dengan Barcelona yang mana berhasil menikung pemain-pemain incaran mereka.

Katakanlah seperti Jules Kounde (Sevilla), Raphinha (Leeds United), hingga Robert Lewandowski (Bayern Munchen). Bukan hanya itu, Barcelona juga mengambil bek andalan Chelsea Andreas Christensen secara gratis.

Chelsea pun sejauh ini baru mendatangkan Raheem Sterling dan Kalidou Koulibaly. Satu yang terbaru adalah mendapatkan kiper muda eks klub Liga Amerika Serikat, Chicago Fire, Gabriel Slonina yang baru akan bergabung musim 2023.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1595 seconds [12]