logo
Liga Inggris | Detail

Profil Klub Liga Inggris 2022-2023: Manchester City, Sanggup Pertahankan Gelar?

Saliki Dwi Saputra
Jum'at, 05 Agustus 2022, 14:25 WIB
Profil Klub Liga Inggris 2022-2023: Manchester City, Sanggup Pertahankan Gelar?
Skuad Manchester City 2022-2023 (Foto: REUTERS)

MANCHESTER - Manchester City menjadi salah satu kandidat kuat jawara Liga Inggris 2022-2023. Menyandang status juara bertahan, The Citizens memiliki tekad untuk kembali mencetak sejarah di Liga Inggris.

Target juara City musim ini memang bukan tanpa alasan. Mereka menjadi salah satu penguasa Liga Inggris dalam lima musim terakhir.

Tercatat empat gelar Liga Inggris berhasil mereka amankan sejak musim 2017 hingga 2021 kemarin. Hanya Liverpool yang sekali merusak dominasi City pada musim 2019-2020.

Musim lalu City juga tampil cukup apik. Mereka menjadi tim paling subur dalam urusan mencetak gol. Tercatat Kevin de Bruyne dkk sudah mengamas 99 gol dan hanya kebobolan 26.

Secara keseluruhan meski tidak diperkuat oleh striker murni City bisa mengemas 93 poin dari 29 kemenangan, enam kali imbang, dan tiga kali  kalah. Namun apakah hasil itu cukup? Tentu saja belum.

Julian Alvarez mencetak gol untuk menyamakan kedudukan 1-1 pada laga Liverpool vs Man City (Foto: Reuters/Tony Obrien)

Liverpool jelas menjadi rival terberat mereka sejak tiga musim terakhir. Musim lalu The Reds, hanya terpaut satu poin di akhir klasemen.

Dalam urusan mencetak gol Liverpool juga kalah sedikit, yakni lima gol. Sementara jumlah gol yang bersarang ke gawang The Reds juga sama, yakni 26 gol.

Inilah yang membuat Man City boleh dikatakan tidak terlalu "Wah, banget". Terlebih di awal musim mereka juga kerap telat panas, kekalahan dari Tottenham dan Crystal Palace menjadi pelajaran berharga bagi Pep Guardiola untuk memyambut musim ini.

Konsistensi mereka jelas harus dijaga sepanjang musim jika tidak ingin kena tikung lagi oleh Liverpool. Terlebih Man City juga belum pernah menyabet trofi Liga Champions.

Kesialan di Liga Champions dalam dua musim terakhir juga menjadi catatan minor Guardiola di Manchester. Bahkan di musim lalu mereka harus kalah comeback dari Real Madrid di leg kedua semifinal. Ini pula yang menjadikan bukti bahwa skuad mahal The Citizens masih belum memiliki mental juara layaknya Los Blancos.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1828 seconds [13]