logo
Ragam Lainnya | Detail

Profil Karisma Evi Tiarani, Penyabet Medali Emas ASEAN Para Games 2022

Tim Sportstars
Selasa, 02 Agustus 2022, 17:50 WIB
Profil Karisma Evi Tiarani, Penyabet Medali Emas ASEAN Para Games 2022
Karisma Evi Tiarani (Foto: Instagram @karisma_et)

PROFIL Karisma Evi Tiarani mencuri perhatian publik di Tanah Air. Berkat prestasinya dalam menyabet medali emas cabor para atletik, kini Evi menuai banyak pujian. 

Evi berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia pada Senin (1/8/2022) dalam ASEAN Para Games 2022 yang diselenggarakan di Stadion Manahan, Solo. Dia menyabet medali emas dalam nomor lari 100 meter putri T42/44. Lantas siapakah sosok Karisma Evi Tiarani?

Biodata Karisma Evi Tiarani

Karisma Evi Tiarani lahir sebagai penyandang tunadaksa. Evi lahir di Boyolali pada 19 Januari 2001 dengan kondisi kaki kirinya lebih pendek 7 cm dibanding kaki kanannya. Kondisi kakinya yang tidak seimbang menjadikan kaki kirinya tidak sekuat kaki kanan. 

Saat ini, Evi menempuh pendidikan sebagai mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Masa sekolahnya ditempuh di SMA Negeri 8 Surakarta. Selama bersekolah di SMAN 8 Surakarta dia dikenal sebagai anak yang berprestasi dalam bidang olahraga atletik.

Perjalanan dalam ASEAN Para Games

Evi mulai menekuni olahraga lari sejak usianya masih 14 tahun. Saat itu dia masih berada di bangku SMP. Meskipun terlahir sebagai penyandang tunadaksa, tetapi rasa semangatnya tidak menghalangi untuk tetap berlatih. Saat itu, Evi harus tinggal di asrama untuk berlatih. 

Untuk sampai berada di titik ini, Evi pernah melewati klasifikasi ketat atlet para atletik di Paralimpiade Tokyo pada 2020 lalu. Saat itu, kontingen asal Indonesia sempat ingin dipindahkan ke kategori T44 dari yang sebelumnya berada di kategori T42. 

Kategori T44 merupakan kategori yang memiliki disabilitas kaki yang lebih ringan. Setelah melewati beberapa perdebatan, Evi kembali ditempatkan di kategori T42.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1637 seconds [13]