logo
Bola Lainnya | Detail

Profil Grup F Piala Dunia 2022: Perang Bintangnya Liga Eropa!

Okta Novanto
Rabu, 21 September 2022, 14:20 WIB
Profil Grup F Piala Dunia 2022: Perang Bintangnya Liga Eropa!
Gelandang Timnas Kroasia, Luka Modric, masih dalam penampilan level atas Eropa (Foto: Managing Madrid).

JAKARTA - Profil Grup F Piala Dunia 2022 berisi pemain bintang yang merumput di Liga Eropa. Perhelatan dalam grup yang diisi Belgia, Kroasia, Kanada, dan Maroko ini akan sangat sengit mengingat tidak satupun di antaranya yang pernah mengangkat trofi akbar tersebut.

Seperti diketahui Timnas Belgia memiliki pengolah bola yang apik yaitu Kevin De Bruyne dan bombernya Eden Hazard serta Romelu Lukaku. Kroasia yang pada Piala Dunia sebelumnya melaju ke final akan diperkuat oleh bintang-bintang seperti Ivan Perisic, Luka Modric, dan Mateo Kovacic.

Tak kalah menarik, Maroko juga memiliki nama besar yaitu Munir El Haddadi yang membersamai Sevilla. Kemudian Kanada dengan Alphonso Davies yang saat ini masih membela Bayern Munchen.

Pemain-pemain tersebut akan menjadi pemain kunci untuk timnas agar dapat lolos fase grup. Ditambah statistik antar tim yang relatif imbang akan menambah keseruan di atas lapangan hijau grup F.

Bagaimana profil grup F Piala Dunia 2022? Berikut informasinya telah sportstars rangkum dari berbagai sumber;

Deretan Profil Grup F Piala Dunia 2022

  1. Timnas Belgia

Gelandang Timnas Belgia, Kevin De Bruyne. (Foto: Football Paradise)

Nama Belgia muncul sebagai negara kuat sepak bola pertama kali pada 2014. Namun sayangnya meski sudah dianugerahi pemain bintang, namun Timnas Belgia belum mampu membawa pulang trofi level benua maupun dunia.

Capaian terbaik generasi emas Belgia baru mengantarkan negaranya menempati peringkat ketiga Piala Dunia 2018. Sehingga sang pelatih, Roberto Martinez, menaruh harapan besar pada Piala Dunia kali ini.

Hal ini wajar mengingat timnya didukung nama pemain besar seperti Eden Hazard, Kevin De Bruyne, dan Thibaut Courtois yang masih jadi andalan di klub masing-masing.

  1. Timnas Kroasia

Timnas Kroasia memastikan lolos ke 16 besar Piala Eropa 2020 dengan status runner-up Grup D. (Foto: UEFA)

Para bintang Kroasia seperti Luka Modric, Mateo Kovacic, dan Ivan Perisic masih diberi kepercayaan meski sudah tak muda lagi. Meski begitu, ketiganya masih memiliki performa yang sangat baik. Sebagai Runner Up edisi yang lalu, terhitung sudah Kroasia sudah turut serta sebanyak lima kali.

Zlatko Dalic yang menukanginya kala 2018, kembali diberi mandat pada gelaran Piala Dunia tahun ini. Diharapkan ia bakal mampu meningkatkan prestasi timnas dibandingkan empat tahun silam.

Kroasia kerap dijuluki spesialis kuda hitam karena pada sesi kualifikasi pun tak disangka namun justru menjuarai grup.

  1. Timnas Kanada

Bek kiri Timnas Kanada, Alphonso Davies (instagram)

Timnas Kanada memiliki kenangan buruk pada Piala Dunia 1986 karena ia harus tampil sebagai juru kunci dengan menelan tiga kekalahan dari Uni Soviet, Prancis, dan Hungaria.

John Herdman yang menjadi juru taktik akan memikul tugas berat karena berhadapan dengan bintang-bintang dunia di dalam grup. Paling tidak ia sedikit percaya diri karena memiliki Alphonso Davies yang punya statistik lebih dari penggawa lainnya.

Meski begitu, kerap sekali tim yang di atas kertas kurang diunggulkan justru mampu memberi kejutan.

  1. Timnas Maroko

YAOUNDE - Pemain Maroko Achraf Hakimi beraksi sata laga Sepak Bola Piala Afrika Grup C antara Gabon vs Maroko di Stade Ahmadou Ahidjo, Yaounde, Kamerun, Rabu (19/1/2022) waktu setempat. Maroko selamat dari kekalahan atas Gabon setelah Achraf Hakimi menyam

Timnas Maroko sudah lima kali meramaikan ajang akbar ini. Tercatat sudah sejak 1970 mereka menginjakkan kaki di Piala Dunia. Namun partisipasi Maroko di Piala Dunia tidak terlalu meninggalkan kesan manis.

Negara ini justru langganan tersingkir di fase grup dan hanya sekali mampu tembus babak 16 besar pada Piala Dunia 1986. Bila melihat statistiknya, di atas kertas Maroko harus berusaha menang melawan Kanada kemudian setidaknya menahan imbang Belgia dan Kroasia.

Vahid Halihodzic yang menukangi Maroko pada ajang Piala Dunia kali ini dituntut bisa meracik tim solid yang terdiri dari pemain muda dan bertalenta.

Demikian informasi mengenai profil grup F Piala Dunia 2022, semoga menambah wawasan bagi pembaca setia sportstars.


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1908 seconds [12]