logo
Bola Lainnya | Detail

Profil Grup D Piala Dunia 2022, Prancis Ingin Akhiri Kutukan Juara Bertahan

Wikku D. Nugroho
Rabu, 21 September 2022, 18:59 WIB
Profil Grup D Piala Dunia 2022, Prancis Ingin Akhiri Kutukan Juara Bertahan
Timnas Prancis tergabung di Grup D bersama Australia, Denmark dan Tunisia. (Foto: News CGTN).

JAKARTA- Profil Grup D Piala Dunia 2022 menjadi topik hangat perbincangan para pecinta sepak bola dunia. Perhelatan Piala Dunia 2022 sebentar lagi akan terlaksana. 

Ajang sepak bola terbesar sejagat raya itu akan dilaksanakan di Qatar pada 21 November hingga 18 Desember 2022 mendatang. Selain Grup E yang menjadi pusat perhatian, jangan lupakan Grup D yang berisikan Prancis, Australia, Tunisia dan Denmark. 

Prancis berstatus sebagai juara bertahan pun memiliki tugas berat. Tim berjuluk Les Blues tersebut diharapkan dapat mengakhiri kutukan juara bertahan yang tidak pernah lolos fase grup dalam beberapa edisi Piala Dunia. 

Bagaimanakah dengan Australia, Denmark dan Tunisia? Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap profil Grup D Piala Dunia 2022

Profil Grup D Piala Dunia 2022

  1. Prancis

Profil Grup D Piala Dunia 2022 diawali dari Prancis. Tim asuhan Didier Deschamps itu berstatus sebagai juara bertahan Piala Dunia 2018. Kala itu mereka berhasil mengalahkan Kroasia dengan skor akhir 4-2. 

Tentu menarik melihat kiprah juara bertahan di Piala Dunia. Sejauh ini juara bertahan kerap terjungkal di babak fase grup. Kutukan tersebut pun masih banyak dipercaya banyak orang. 

Hal ini dibuktikan dengan Prancis yang berstatus juara bertahan Piala Dunia 1998 gagal lolos fase grup di Piala Dunia 2002. Spanyol dan Jerman yang berstatus sebagai juara Piala Dunia 2010 dan 2014 pun juga gagal lolos dari babak fase grup di edisi Piala Dunia selanjutnya. 

Hanya Brasil yang berhasil melaju sampai babak perempat final sebelum dikalahkan Prancis pada Piala Dunia 2006. Jika dilihat peta kekuatan tim yang tergabung di Grup D, Prancis difavoritkan untuk lolos dengan mudah. 

  1. Australia

Timnas Australia. (Foto: News 18).

Australia menjadi tim yang hampir tidak pernah absen dalam sepanjang gelaran Piala Dunia. Tim berjuluk Soceroos itu sudah tampil sebanyak lima kali gelaran Piala Dunia. 

Adapun pretasi terbaik Australia adalah mampu melaju hingga babak 16 besar di Piala Dunia 2006. Namun mereka dihantui rekor buruk yakni tidak mampu lolos dari fase grup di dua edisi Piala Dunia yakni 2014 dan 2018. 

Pada Piala Dunia 2022 kali ini, Australia tidak memiliki pemain yang bermain di Benua Eropa. Mereka hanya mengandalkan striker Matthew Leckie. Pemain Melbourne FC itu menjadi top skor di skuad Australia. 

Tentu saja dengan melihat hal itu Australia mampu merepotkan tim-tim lainnya yang menghuni Grup D di Piala Dunia 2022. 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1656 seconds [12]