logo
Sportainment | Detail

Begini Profil Erik ten Hag: Perjalan Karir, Piala, dan Prestasi Lengkap

Intan Rachmasari
Selasa, 15 November 2022, 14:42 WIB
Begini Profil Erik ten Hag: Perjalan Karir, Piala, dan Prestasi Lengkap
Saat melatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, sukses membangun tim berkualitas (Foto: Reuters/Wolfgang Rattay)

JAKARTA - Profil Erik ten Hag beserta perjalanan karir, piala dan prestasi lengkapnya tentu sangat menarik untuk dibahas. Pelatih sepak bola asal Belanda itu kini menukangi klub Manchester United sejak April 2022 menggantikan Ralf Rangnick.  

Sebagai pelatih bola profesional, Erik ten Hag banyak berkutat di beberapa klub Liga Belanda. Namanya baru mencuat di Ajax Amsterdam sebelum akhirnya bermarkas di Old Trafford.

Kehadirannya di Manchester United diharapkan bisa membawa kembali masa kejayaan klub Setan Merah di pentas dunia. Sebab, sebelum ke kota Manchester, Erik merupakan pelatih yang berhasil memaksimalkan potensi pemain yang dimiliki.

Lantas bagaimana sosok sebenarnya Erik ten Hag? Dilansir dari beberapa sumber, berikut Sportstars.id akan mengulas profil Erik ten Hag beserta perjalanan karir, piala dan prestasi lengkapnya; 

Erik ten Hag berfoto bersama deretan trofi yang diraihnya bersama Ajax Amsterdam (Foto: Instagram/@afcajax)

Profil Erik ten Hag

Erik ten Hag adalah pelatih sepak bola profesional asal Belanda yang lahir pada 2 Februari tahun 1970. Di usianya yang sudah memasuki 52 tahun, Erik ten Hag sudah menjajakan jasanya untuk menukangi beberapa klub bola di Belanda dan Jerman.

Saat ini dirinya sedang mengemban tugas untuk menjadi arsitek salah satu raksasa Liga Inggris yakni Manchester United. Erik hadir di Manchester United pada April 2022 untuk menggantikan pelatih sebelumnya, Ralf Rangnick, dengan kontrak hingga tahun 2025. 

Sejak kedatangannya, Manchester United sudah bermain sebanyak 21 pertandingan dengan hasil 14 menang, 2 imbang dan 5 kekalahan. Kiprahnya sebagai pelatih terbilang sukses dengan membawa klub asuhannya meraih berbagai trofi dan dihormati para tim lawan. 

Perjalanan Karir 

Sebelum kini menjadi pelatih sepak bola, Erik ten Hag memulai kariernya sebagai pemain. Dirinya pertama kali bermain sebagai bek tengah di Liga Belanda bersama klub Twente level usia U-19. 

Erik ten Hag bermain sebagai pemain sepak bola selama 13 tahun lamanya. hingga akhirnya dirinya memutuskan untuk gantung sepatu di tahun 2002 bersama Twente. Sepanjang kariernya sebagai pesepak bola, Erik ten Hag hanya bermain di Liga Belanda. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1748 seconds [12]