Tim Nasional | Detail

Profil Elkan Baggott, Pemain Keturunan Indonesia yang Menanti Panggilan Shin Tae-yong

Wikanto Arungbudoyo
Rabu, 13 Oktober 2021, 16:29 WIB
Profil Elkan Baggott, Pemain Keturunan Indonesia yang Menanti Panggilan Shin Tae-yong
Elkan Baggott pernah dua kali berkostum Timnas Indonesia U-19 (Foto: Instagram/@elkanbaggott)

PELATIH Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, masih belum memanggil sejumlah pemain naturalisasi dan keturunan, seperti Elkan Baggott. Padahal, pemain berusia 18 tahun itu cukup diandalkan STY saat pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 pada medio 2020. 

Elkan Baggott diketahui lahir di Bangkok, Thailand, pada 23 Oktober 2002. Dia memiliki darah Indonesia dari garis keturunan sang ibu. Sementara ayahnya, adalah laki-laki berkebangsaan Inggris. 

Pesepak bola bertinggi badan 194 sentimeter (cm) itu memulai karier sepak bolanya di Ipswich Town. Dia bergabung dengan klub tersebut setelah mendapat beasiswa selama dua tahun pada 2019. Baggott kemudian masuk dalam radar PSSI. 

Baggott lantas dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk mengikuti TC Timnas Indonesia U-19 di Jakarta. Dia pun ikut serta dalam rombongan Timnas Indonesia U-19 yang melakukan tur ke Kroasia pada Oktober 2020. Ketika itu, Baggott dipanggil bersama pemain keturunan lainnya, yakni Jack Brown. 

Elkan Baggott dipanggil mengikuti TC Timnas Indonesia U-19 di Jakarta pada 2020 (Foto: Instagram/@elkanbaggott)
Elkan Baggott dipanggil mengikuti TC Timnas Indonesia U-19 di Jakarta pada 2020 (Foto: Instagram/@elkanbaggott)

Sebelum berkostum Timnas Indonesia U-19, Baggott resmi menjalani debut dengan Ipswich Town pada 6 Oktober 2020. Dia diturunkan saat melawan Gillingham untuk ajang Piala EFL. Setelah itu, dia terbang ke Kroasia untuk bergabung dengan Timnas U-19. 

STY lantas menurunkan Baggott dalam dua pertandingan uji coba di Kroasia. Dia diduetkan dengan Rizky Ridho pada laga melawan Makedonia Utara U-19 pada 11 Oktober 2020. Laga tersebut berakhir dengan skor 4-1 untuk kemenangan Indonesia. 

Tiga hari kemudian, Indonesia kembali menghadapi Makedonia Utara. Kali ini, STY menduetkan Baggott dengan Komang Teguh di lini belakang. Sayangnya, pertandingan ini berakhir dengan skor 0-0. 

Dua pertandingan itu cukup membuat STY terkesan pada Elkan Baggott. Tubuhnya yang tinggi menjulang, dinilai menguntungkan dalam duel udara. Belum lagi, Baggott juga cukup ahli dalam membaca permainan lawan.

Usai membela Timnas Indonesia U-19, karier Baggott di klub cukup mulus. Dia diganjar kontrak 2,5 tahun oleh Ipswich Town pada 28 Januari 2021. Namun, Baggott sempat dipinjamkan ke King’s Lynn Town selama tiga bulan. Di sana, dia tampil sebanyak tujuh kali. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1712 seconds [13]