logo
Basket | Detail

Profil Dr. James Naismith, Sang Pencipta Olahraga Bola Basket yang Mendunia

Wikku D. Nugroho
Jum'at, 23 September 2022, 18:48 WIB
Profil Dr. James Naismith, Sang Pencipta Olahraga Bola Basket yang Mendunia
Profil Dr. James Naismith. (Foto: freepik).

JAKARTA- Profil Dr. James Naismith ternyata jadi informasi yang sering dicari oleh para penikmat bola basket. Olahraga bola basket merupakan salah satu olahraga terpopuler di dunia. 

Olahraga bermediakan bola basket dan ring ini disukai oleh banyak kalangan tidak terbatas dengan usia dan gender. Permainan olahraga basket pun dapat dimainkan di dalam maupun luar ruangan. 

Adapun permainan bola basket dimainkan oleh dua tim. Dimana setiap tim yang bermain hanya diperbolehkan untuk menurunkan lima pemain di lapangan. Setiap tim tersebut diharuskan untuk mencetak poin sebanyak-banyaknya guna meraih kemenangan. 

Baca juga: https://www.sportstars.id/read/59q4na

Menurut sejarah, olahraga bola basket ini diciptakan oleh Dr. James Naismith. Seperti apakah profilnya? Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap mengenai profil Dr. James Naismith;

James Naismith (Sumber: Instagram)

Profil Dr. James Naismith

Dr. James Naismith lahir di Ontario, Kanada, pada 6 November 1861. Dirinya berprofesi sebagai guru olahraga di YYMCA International Training School di Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat.

James memulai profesinya sebagai guru di sekolah tersebut pada 1891. Sebelum menjadi guru olahraga, dia merupakan instruktur pendidikan olahraga di Universitas McGill, Montreal. Melihat hal itu, sosok Dr. James Naismith sedari muda memang selalu lekat dengan dunia olahraga. 

Ada suatu kendala yang ditemui tatkala dirinya menjadi seorang guru olahraga. Permasalahan tersebut mengenai cuaca musim dingin. Dimana hal itu menyebabkan para siswa di sekolahnya mengalami kesulitan untuk berlatih di luar ruangan yang bersuhu cukup dingin. 

Alhasil dia memanfaatkan ruangan yang ada untuk melakukan aktifitas olahraga. Dia pun mengembangkan olahraga yang mengandung unsur kerjasama dan menggunakan media bola. 

Maka dari itu, James Naismith lalu menciptakan permainan bola dalam ruangan atau indoor. Permainan tersebut menggunakan aturan dimana setiap pemain tidak melakukan kontak yang dapat mengakibatkan cedera. 

Permainan tersebut justru disenangi para murid dan menjadi pemain favorit. Nama basket sendiri lantaran adanya jaring yang digunakan sebagai gawang. 

Demikian ulasan mengenai profil Dr. James Naismith. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada.        

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1797 seconds [12]