Tim Nasional | Detail

Profil Dion Cools, Andalan Baru Timnas Malaysia yang Pernah Main di Timnas Belgia

Basudiwa Supraja
Sabtu, 20 November 2021, 10:13 WIB
Profil Dion Cools, Andalan Baru Timnas Malaysia yang Pernah Main di Timnas Belgia
Pemain Timnas Malaysia, Dion Cools (Foto: Instagram @djcools21)

SELAIN Timnas Indonesia, Timnas Malaysia juga memiliki pemain naturalisasi yang menjadi. Dion-Johan Cools merupakan salah satu pemain naturalisasi Malaysia yang  menjadi andalan Harimau Malaya jelang hadapi Piala AFF 2020 yang digelar pada 5 Desember 2021 mendatang.

Dion Cools lahir di Kuching, Malaysia, 4 Juni 1996. Cools merupakan pemain keturunan campuran Belgia-Malaysia. Ayahnya adalah keturunan asli berdarah Belgia, sedangkan sang ibu asal Malaysia.

Dia adalah pemain sepak bola yang pernah menghabiskan sebagian besar karirnya berlaga di Liga Belgia bersama OH Leuven. Sebelumnya dia bermain untuk Overijse pada 2002-2005 saat usianya tujuh tahun.

Dion Cools kemudian bergabung dengan tim muda OH Leuven yang kemudian sempat berpindah ke skuad muda Anderlecht pada 2009. Cools akhirnya kembali lagi dengan Leuven pada 2011 dan menjalani karier bersama tim senior klub tersebut.

Pada 2015, menurut Transfermarkt, Cools kemudian mendapatkan tawaran transfer sebesar Rp5,21 miliar oleh Club Brugge. Dia pun meniti karier bersama Brugge selama lima tahun sebelum akhirnya pindah ke Denmark.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2061 seconds [12]