Liga Indonesia | Detail

Profil dan Rekam Jejak Haruna Soemitro, Exco PSSI yang Kritik Shin Tae-yong

Andika Rachmansyah
Senin, 17 Januari 2022, 14:51 WIB
Profil dan Rekam Jejak Haruna Soemitro, Exco PSSI yang Kritik Shin Tae-yong
Anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro, berfoto bersama Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (Foto: Dok. Pribadi Mochamad Iriawan)

NAMA Haruna Soemitro saat ini sangat ramai diperbincangkan oleh para pecinta sepak bola di Indonesia. Bahkan Haruna hingga trending di sosial media Twitter dengan hashtag #HarunaOut. Namanya ramai diperbincangkan bukanlah tanpa alasan.

Pasalnya, Haruna telah melontarkan kritik pedas kepada pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong. Direktur Madura United itu menyebut komunikasi antara PSSI dengan pelatih berpaspor Korea selatan itu mencapai jalan buntu atau deadlock.

Bahkan Haruna mengatakan kalau Shin Tae-yong bukanlah sosok yang istimewa. Sebab, prestasi yang dia berikan sama saja dengan pelatih Timnas Indonesia sebelum-sebelumnya yang juga gagal meraih trofi Piala AFF sehingga hanya keluar sebagai runner-up.

Haruna Soemitro adalah orang lama di sepak bola Indonesia
Haruna Soemitro adalah orang lama di sepak bola Indonesia

Terlepas dari itu, tentu kita ingin tahu bagaimana rekam jejak Haruna di sepak bola Indonesia. Yang mana sebenarnya, dia bukanlah orang baru di olahraga sepak bola.

Haruna memulai kiprahnya di ranah sepak bola bersama Persebaya Surabaya pada 2003 silam. Kala itu, dia menjabat sebagai manajer tim berjuluk Bajul Ijo.

Kemudian karirnya pun kian menanjak. Pada tahun 2004, Haruna ditunjuk sebagai manajer tim sepak bola PON Jawa Timur. Berkat tangan dinginnya, dia berhasil mengantarkan tim sepak bola PON Jawa Timur meraih medali emas saat gelaran tersebut berlangsung di Palembang.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1349 seconds [12]