logo
Tim Nasional | Detail

Profil Arkhan Kaka Putra Striker Andalan Timnas Indonesia U-16, Anak Mantan Pemain Persija

Rifqi Herjoko
Senin, 01 Agustus 2022, 16:30 WIB
Profil Arkhan Kaka Putra Striker Andalan Timnas Indonesia U-16, Anak Mantan Pemain Persija
Arkhan Kaka Putra Timnas Indonesia U-16 (Foto: PSSI)

YOGYAKARTA – Nama Arkhan Kaka Putra mendadak tenar di kalangan pecinta sepak bola Tanah Air. Dia merupakan striker andalan Timnas Indonesia U-16 yang tampil apik kala Garuda Muda berjumpa dengan Filipina di laga pembuka Piala AFF U-16 2022.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-16 tergabung di Grup A bersama Filipina, Singapura, dan Vietnam. Hanya satu tim teratas dari grup tersebut yang berhak lolos otomatis ke babak semifinal. 

Timnas Indonesia melakoni laga pembuka melawan Filipina, Minggu (31/7/2022) malam WIB. Duel antara kedua tim itu digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Skuad Garuda Muda menang dengan skor meyakinkan 2-0.

Arkhan Kaka Putra striker Timnas Indonesia U-16 (Foto: PSSI)

Menariknya, ada andil besar dari Arkhan Kaka di kedua gol Timnas Indonesia U-16. Arkhan menyebabkan pemain Filipina, Jared Pena, mencetak gol bunuh diri di menit ke-3. Umpan silangnya tidak mampu diantisipasi dengan baik oleh sang lawan.

Selanjutnya, Arkhan berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai mencetak gol kedua untuk Timnas Indonesia U-16 di menit ke-37. Sontekan bola dari sang striker tidak mampu dihalau kiper lawan.

Arkhan Kaka merupakan pemain kelahiran Blitar, 2 September 2007. Menariknya, dia merupakan putra dari mantan pemain Persija Jakarta, Purwanto Suwondo.

Pemain berusia 14 tahun itu mengawali karier sepak bola di SSB Tunas Muda Blitar. Kemudian, dia sempat memperkuat Bhayangkara FC di Elite Pro Academy U-16. Di sana, dia sempat menjadi salah satu top skor Bhayangkara FC.

Adapun perjuangannya untuk masuk ke Timnas Indonesia U-16 tidak berjalan mulus. Arkhan Kaka sempat dicoret oleh Bima Sakti pada seleksi tahap awal di bulan Mei 2021. Namun, dia berhasil menunjukkan perkembangan performa yang signifikan di EPA U-16, sehingga bisa lulus seleksi Timnas Indonesia U-16.

Sang pemain muda memiliki nama yang mirip dengan mantan pemain Timnas Brasil, yakni Ricardo Izecson dos Santos Leite alias Kaka. Kini, dia dipilih oleh Bima Sakti untuk berkiprah di Piala AFF U-16 2022. Arkhan Kaka diharapkan mampu tampil tajam dan membawa Skuad Garuda Muda meraih prestasi di ajang edisi kali ini.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1711 seconds [13]