Tim Nasional | Detail

Profil Abdul Kadir, Top Skor Timnas Indonesia Sepanjang Sejarah

Hadi Febriansyah
Minggu, 09 Januari 2022, 06:00 WIB
Profil Abdul Kadir, Top Skor Timnas Indonesia Sepanjang Sejarah
Abdul Kadir (Istimewa)

PELATIH Timnas Indonesia saat ini, Shin Tae-yong mengaku tengah kesulitan dalam menemukan penyerang tajam untuk Timnas Indonesia. Ya, ini memang menjadi persoalan yang sudah cukup lama untuk para pelatih Timnas Indonesia.

Penyerang lokal asli Indonesia sekarang sudah sulit bersaing dengan para penyerang asing yang ada di Liga Indonesia. Terlebih tim-tim lebih mempercayai para penyerang asing untuk bisa mencetak gol ke gawang lawan.

Ini jauh berbeda dengan era perserikatan dan galatama dahulu. Bahkan pada era tersebut penyerang lokal, seperti Bambang Nurdiansyah sangat ditakuti oleh lawan-lawan. Begitu pula dengan era 1990-2000an, Timnas Indonesia masih memiliki penyerang-penyerang garang seperti Bambang Pamungkas, Widodo C Putro, dan Kurniawan Dwi Yulianto.

Ternyata jauh sebelum itu, ada penyerang Timnas Indonesia yang benar-benar melegenda. Hingga saat ini, dirinya masih tercatat sebagai top skor sepanjang masa Timnas Indonesia total hingga 70 gol pernah ia buat untuk Timnas Indonesia.

Ya, dia adalah Abdul Kadir, pemain kelahiran Denpasar, 27 Desember 1948 ini menjadi penyerang tersebut Timnas Indonesia. Tidak hanya di Timnas Indonesia, ketika bermain untuk klub, Abdul Kadri juga merupakan penyerang yang ditakuti.

Sepanjang kariernya, Abdul Kadir bermain untuk lima tim. Pertama ia mengawali kariernya di PSMS Medan pada tahun 1969-71. Setelah bermain untuk PSMS, Abdul Kadir menjadi idola baru bersama Persebaya Surabaya pada tahun 1971-79.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1156 seconds [12]