Balap Lainnya | Detail

Presiden Jokowi: Sirkuit Mandalika Siap untuk Ajang Balap Kelas Dunia

Dita Angga
Jum'at, 12 November 2021, 14:58 WIB
Presiden Jokowi: Sirkuit Mandalika Siap untuk Ajang Balap Kelas Dunia
Presiden RI, Joko Widodo, meresmikan Sirkuit Mandalika (Foto: Biro Pers Setpres)

MANDALIKA - Presiden RI, Joko Widodo, meresmikan Sirkuit Mandalika yang dibangun di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11/2021) pagi WIB. Dalam pidatonya, Kepala Negara yakin sirkuit sepanjang 4,31 kilometer (km) itu siap menggelar balapan kelas dunia. 

"Sirkuit Mandalika dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer, dengan teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA), juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan," ucap Presiden Jokowi, dikutip dari rilis pers Biro Pers Setpres, Jumat (12/11/2021). 

"Semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di Kawasan Mandalika ini seperti yang sebentar lagi akan diselenggarakan yaitu World Superbike 2021 dan dilanjutkan nantinya di bulan Maret 2022 dengan MotoGP," sambungnya. 

Presiden RI, Joko Widodo, berpidato singkat jelang uji coba Sirkuit Mandalika (Foto: Biro Pers Setpres)
Presiden RI, Joko Widodo, berpidato singkat jelang uji coba Sirkuit Mandalika (Foto: Biro Pers Setpres)

Mantan Walikota Solo itu berharap Sirkuit Mandalika dapat memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi NTB. Menurutnya, perhelatan akbar internasional seperti World Superbike dan MotoGP akan memberi dampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Saya kira ini sebuah perhelatan besar yang setiap tahun terus akan diadakan di Sirkuit Mandalika dan itu dipastikan akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi di Provinsi NTB," tutur Jokowi. 

"Ya ini kan dicoba dulu lah World Superbike dicoba, nanti MotoGP dilaksanakan, kita evaluasi, baru kita akan ke arah mana akan kelihatan nanti," tukas Presiden Jokowi. 

Bersamaan dengan peresmian sirkuit, Jokowi juga meresmikan jalan bypass yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok dengan KEK Mandalika. Jalan sepanjang 17,3 kilometer tersebut telah siap digunakan dan akan memangkas waktu tempuh dari bandara menuju kawasan KEK Mandalika. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1175 seconds [12]