logo
Tim Nasional | Detail

Presiden FIFA Ingin Piala AFF Masuk Kalender FIFA, Klub Wajib Lepas Pemain!

Basudiwa Supraja
Rabu, 18 Januari 2023, 10:30 WIB
Presiden FIFA Ingin Piala AFF Masuk Kalender FIFA, Klub Wajib Lepas Pemain!
Presiden FIFA, Gianni Infantino (Foto: REUTERS)

KHLONG NUENG - Presiden FIFA, Gianni Infantino, menginginkan Piala AFF masuk ke dalam kalender FIFA. Artinya, setiap klub wajib melepas pemain mereka untuk mengikuti turnamen bergengsi Asia Tenggara tersebut.

Infantino melihat potensi para pemain di ASEAN yang kian berkualitas. Dia juga berharap ada salah satu negara ASEAN dapat mengamankan satu tiket di Piala Dunia 2026 mendatang.

Eksistensi Piala AFF semakin disorot oleh FIFA. Buktinya, Infantino hadir dalam penyerahan trofi juara Piala AFF 2022 kali ini yang dimenangkan oleh Thailand.

Presiden FIFA, Gianntino memberikan foto untuk Timnas Thailand (Foto: REUTERS)

Infantino yakin Piala AFF dapat semakin berkembang pesat di masa depan. Ini pula yang membuktikan adanya kemajuan sepak bola di wilayah Asia Tenggara.

"Piala AFF harus ditingkatkan menjadi turnamen FIFA Days. Kami harus memastikan bahwa liga ini semakin berkembang. Saya yakin jika kita bekerja sama, Piala AFF akan menjadi semakin besar dengan persetujuan FIFA," ujarnya, dikutip dari Zing News, Rabu (18/1/2023).

Sebagaimana diketahui, Piala AFF kerap kali menjadi polemik antar klub dan tim nasional di seluruh negara ASEAN. Banyak klub yang enggan melepas pemain mereka.

Hal itu karena Piala AFF tidak masuk dalam kalender FIFA. Selain itu, kompetisi di setiap negara juga berjalan seiring dengan digelarnya Piala AFF.

Terlebih pemain yang diambil oleh timnas masing-masing tentunya merupakan sosok penting di klub. Ini lantas dinilai merugikan klub karena ditinggal pemain inti mereka.

Contohnya sajaĀ Elkan Baggot di Inggris (Gillingham FC) dan Sandy Walsh di Belgia (KV Mechelen). Kedua pemain tersebut tak bisa memperkuat Timnas Indonesia lantaran dibutuhkan oleh klub mereka.

Editor : Saliki Dwi Saputra

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1791 seconds [13]