logo
F1 | Detail

Presiden FIA Buka Pintu Tim Baru untuk Gabung F1

Andhika Khoirul Huda
Selasa, 03 Januari 2023, 15:16 WIB
Presiden FIA Buka Pintu Tim Baru untuk Gabung F1
Mohammed Bin Sulayem terpilih sebagai Presiden FIA dalam Sidang Tahunan di Paris, Prancis (Foto: FIA)

PARIS - FIA sebagai badan pengelola Formula 1 (F1) berencana untuk mengizinkan calon tim baru bergabung dengan ajang tersebut. Secara tidak langsung, jumlah tim peserta F1 bisa bertambah dari 10 saja seperti dalam beberapa musim terakhir.

Hal itu dikatakan oleh Presiden FIA, Mohammed Ben Sulayem, lewat Twitter-nya, @Ben_Sulayem, Senin (2/1/2023). Dia memerintahkan timnya di FIA untuk meluncurkan proses Expressions of Interest. Dengan begitu, tim-tim baru dipersilakan segera mengikuti proses.

“Saya telah meminta tim saya di FIA untuk melihat peluncuran proses Expressions of Interest bagi calon tim baru untuk Kejuaraan Dunia F1," cuit Ben Sulayem di akun Twitter-nya, dikutip pada Selasa (3/1/2023).

Kabar tersebut jelas menjadi angin segar bagi calon pendatang baru di F1, termasuk Andretti Global, yang selama setahun belakangan ini paling vokal mengutarakan minatnya. Sebelumnya, mereka sudah mencoba untuk membeli entri Alfa Romeo yang dikelola oleh Sauber, tetapi gagal.

Akhirnya, tim balap asal Amerika Serikat (AS) itu mengumumkan rencana mereka untuk masuk ke F1 pada 2024. Akan tetapi, ketika pengumuman itu muncul pada Februari 2022, FIA menyatakan tidak akan mempertimbangkan masuknya tim baru ke F1 dalam waktu dekat. 

Sikap itu disebabkan kekhawatiran para pemangku kepentingan F1 terhadap stabilitas waralaba yang telah dibangun dalam beberapa tahun terakhir. Mereka khawatir tim-tim baru itu hanya akan mengikuti Kejuaraan Dunia dalam waktu singkat, untuk kemudian mundur dengan alasan finansial dan lainnya.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1824 seconds [13]