logo
Basket | Detail

Predrag Bogosavljev Tegaskan Peluang Timnas Basket Indonesia Tampil di FIBA World Cup 2023 Sudah Tertutup

Rio Eristiawan
Sabtu, 23 Juli 2022, 18:17 WIB
Predrag Bogosavljev Tegaskan Peluang Timnas Basket Indonesia Tampil di FIBA World Cup 2023 Sudah Tertutup
Direktur Olahraga dan Kompetisi FIBA, Predrag Bogosavljev (Foto: Twitter)

JAKARTA - Direktur Olahraga dan Kompetisi FIBA, Predrag Bogosavljev, menegaskan bahwa peluang Timnas Basket Indonesia tampil di FIBA World Cup 2023 sudah tertutup. Pasalnya Indonesia tidak berhasil mencapai target yang sudah diberikan.

Sebagaimana diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 bersama dengan Filipina dan Jepang. Ajang tersebut akan berlangsung pada 25 Agustus hingga 10 September tahun depan.

Perbasi baru-baru ini bergerak cepat untuk menyukseskan acara tersebut. Mereka membangun Indonesia Arena dengan kapasitas 16.000 orang dan dibangun diatas tamah seluas 31.826 meter persegi.

Namun Timnas Basket Indonesia tidak akan tampil di FIBA World Cup 2023 usai disingkirkan China di babak playoff perempat final FIBA Asia Cup 2022. Marques Bolden dkk menelan kekalahan 58-108 dari Tim Negeri Tirai Bambu di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Senin (18/7/2022) malam WIB.

Sementara itu Bogosavljev menjelaskan Filipina sebagai tuan rumah utama FIBA World Cup 2023 sudah dipastikan mendapatkan satu tempat untuk berlaga. Dia menjelaskan Jepang dan Indonesia sebagai tuan rumah juga bisa tampil di ajang tersebut dengan membuktikan sejauh mana bisa tampil kompetitif.

"Nanti akan ada lebih dari satu tuan rumah, Filipina sebagai tuan rumah utama sudah dipastikan mendapat satu tempat. Sedangkan untuk tuan rumah yang lainnya tergantung dari bagaimana tingkat kompetitif tim tersebut," kata Bogosavljev kepada awak media, Sabtu (23/7/2022).

Bogosavljev menjelaskan Jepang sudah menjukan level kompetitif. Namun tidak untuk Indonesia. Dia menilai anak asuh Milos Pejic gagal mencapai target perempat final FIBA Asia Cup 2022 dan tidak ada kesempatan lain untuk bisa tampil ke Piala Dunia Basket tersebut.

"Jepang telah memenuhi syarat level kompetitif tersebut dan untuk Indonesia bisa mendapatkannya jika mencapai perempat final asia cup dan kualifikasi. Sayangnya itu tidak terjadi, jadi tidak ada kesempatan lain untuk Indonesia," pungkasnya.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1599 seconds [12]