logo
Bola Lainnya | Detail

Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya di Lapangan

Tim Sportstars
Senin, 19 September 2022, 17:54 WIB
Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya di Lapangan
Posisi pemain sepak bola dan tugasnya di lapangan menjadi dasar untuk memenangkan pertandingan. Erling Haaland menjadi salah satu pemain yang berposisi sebagai penyerang tengah. (Foto: REUTERS)

JAKARTA - Posisi pemain sepak bola dan tugasnya di lapangan penting untuk diketahui setiap pelakunya. Pasalnya, sepak bola merupakan permainan tim yang dimainkan oleh 11 orang. Setiap orang mempunyai posisi dan tugasnya masing-masing.

Pemain memiliki tanggung jawab atas posisinya masing-masing berdasarkan instruksi yang telah diberikan pelatih. Pada dasarnya, posisi pemain dapat mengalami modifikasi berdasarkan kebutuhan tim dan keahlian pelatih untuk membangun tim.

Secara garis besar, posisi pemain dibedakan menjadi penjaga gawang, pemain bertahan, gelandang dan penyerang. Simak yuk mengenai tugas masing-masing pemain dalam posisinya.

Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya 

1. Penjaga Gawang 

Penjaga gawang merupakan pemain yang berada pada barisan terakhir. Penjaga gawang memiliki tugas untuk mengamankan gawang supaya tidak kebobolan, memberikan instruksi kepada pemain bertahan dan bisa juga ikut bermain sebagai pendistribusian bola.

Umumnya, posisi kiper diisi oleh pemain yang bertubuh tinggi besar serta memiliki kecepatan dalam menangkap bola. Bahkan seorang kiper juga harus memiliki tendangan yang kuat karena tugasnya adalah mengarahkan bola ke para pemain timnya.

2. Pemain Bertahan 

Jumlah pemain bertahan dalam permainan sepak bola tergantung formasi yang dimainkan oleh para pelatih, bisa 3, 4, atau 5 pemain.

Pemain bertahan juga memiliki turunannya masing-masing

  • Bek Tengah

posisi pemain ini, berada di tengah garis pertahanan, tugas bek tengah yaitu menjaga pertahan dari berbagai serangan yang datang oleh pihak musuh. bek tengah dituntut untuk mempunyai insting yang bagus untuk membaca pergerakan musuh sehingga sewaktu waktu dapat melakukan pembacaan bola tanpa perlu melakukan pelanggaran.

  • Bek Sayap 

Bek sayap merupakan pemain bertahan yang berada di sisi sayap kanan atau kiri garis pertahanan. Fullback tidak hanya fokus pada pertahanan tapi sewaktu=waktu bisa membantu serangan tim. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1622 seconds [12]