Netting | Detail

Posisi Marcus/Kevin Melorot Jika Tak Ada Pembekuan Ranking BWF

Cikal Bintang Raissatria
Kamis, 23 Juni 2022, 16:50 WIB
Posisi Marcus/Kevin Melorot Jika Tak Ada Pembekuan Ranking BWF
Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (Foto: Faisal Rahman/MPI)

JAKARTA – Federasi Badminton Dunia (BWF) masih membekukan ranking dunia selama kurang lebih satu tahun. Menariknya, jika tak ada aturan tersebut, posisi ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sudah dipastikan melorot.

The Minons saat ini masih bertengger di peringkat satu dunia berdasarkan perhitungan poin BWF. Marcus/Kevin tercatat mengoleksi 111,827 poin meski mereka baru mengikuti tiga turnamen tahun ini.

Akan tetapi, ternyata koleksi poin yang dimiliki Marcus/Kevin adalah berdasarkan perhitungan karena adanya pembekuan ranking. Sebagai informasi, BWF sempat membekukan ranking pebulu tangkis karena pandemi Covid-19 mulai dari pekan ke-12 2020, tepatnya pada 17 Maret (penghitungan poin dari pekan ke-12 2019).

Meski demikian, BWF mengumumkan penghapusan pembekuan (pencairan) ranking secara bertahap mulai tanggal 2 Agustus 2022. Untuk selanjutnya, BWF akan mengumumkan ranking baru para pebulu tangkis pada 3 Januari 2023.

Kevin Sanjaya/Markus Fernaldi Gideon
Kevin Sanjaya/Markus Fernaldi Gideon

Secara hitungan, jika tidak ada pembekuan ranking dari BWF ternyata Marcus/Kevin sudah tidak menjadi peringkat satu dunia. Tercatat, berdasarkan penghitungan poin dalam 52 pekan, sejatinya Marcus/Kevin hanya bisa mengumpulkan 86,547 poin atau tertinggal dari pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang memiliki total 97,050 poin.

Itu artinya, The Minions seharusnya berada di peringkat kedua dunia. Sedangkan, peringkat satu dunia adalah Hoki/Kobayashi. 

Berdasarkan hitungan tersebut, sejatinya hal tersebut tidak mengejutkan bagi sejumlah pihak. Pasalnya duet Marcus/Kevin hanya mengikuti tiga turnamen pada tahun ini.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2029 seconds [12]