Ragam Lainnya | Detail

Posisi Badan yang Tepat Saat Melakukan Renang Gaya Bebas

Andika Rachmansyah
Rabu, 22 Juni 2022, 13:02 WIB
Posisi Badan yang Tepat Saat Melakukan Renang Gaya Bebas
Ilustrasi renang gaya bebas (Foto: Laman PON XX Papua 2021)

GAYA bebas atau disebut juga dengan istilah front crawl merupakan salah satu gaya dalam berenang. Pada renang gaya bebas, posisi badan harus diperhatikan guna mendapatkan kecepatan lebih khususnya saat mengikuti pertandingan.

Seperti diketahui, olahraga renang memiliki berbagai jenis gaya. Misalnya, gaya dada, gaya punggung, gaya katak, serta gaya bebas. Dari keempat hal itu, renang gaya bebas menjadi gaya yang diandalkan untuk mendapatkan kecepatan.

Renang gaya bebas merupakan gaya berenang yang menciptakan gerakan tubuh untuk melaju cepat dengan posisi dada menghadap permukaan air. Gerakan renang gaya bebas dilakukan dengan kombinasi gerak tangan dan kaki secara bergantian.

Posisi badan saat melakukan renang gaya bebas adalah sejajar dengan permukaan. Sementara, posisi dada menghadap ke permukaan air atau telungkup. Berikut adalah posisi badan pada renang gaya bebas:

1. Perhatikan posisi kepala. Pastikan air berada di sekitar garis rambut.

2. Tatapan difokuskan untuk melihat ke arah depan dan bawah.

3. Sementara itu, kepala harus tetap diam kecuali untuk mengambil napas. Hal ini berguna untuk menjaga keseimbangan gerakan. Selain itu, gerak kepala yang berlebihan juga dapat membuat tubuh yang lain menjadi tidak seimbang dan mengakibatkan gerak keseluruhan menjadi tidak efisien.

4. Upayakan bahu tetap berada di permukaan dan bergerak seiring dengan pergerakan lengan.

5. Posisi pinggul juga dipertahankan sejajar dengan permukaan air dan posisi kaki sejajar dengan posisi tubuh.

6. Kombinasi gerak tangan dan kaki tetap selaras. Hal ini berguna untuk memberikan efisiensi pada tubuh dan memungkinkan untuk bergerak dengan lancar dalam air.

Enam poin diatas merupakan posisi tubuh yang benar jika kalian ingin melakukan renang gaya bebas. Perlu diketahui, fungsi posisi badan saat renang gaya bebas adalah untuk mengurangi kemungkinan badan tenggelam. Posisi badan yang baik dan benar juga akan membuat gerakan tubuh di air menjadi efektif dan efisien sehingga tidak menghabiskan energi lebih.

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1454 seconds [13]