F1 | Detail

Pole Position, Bottas Takkan Mengalah dari Hamilton di F1 GP Turki 2021

Fitradian Dhimas Kurniawan
Minggu, 10 Oktober 2021, 10:51 WIB
Pole Position, Bottas Takkan Mengalah dari Hamilton di F1 GP Turki 2021
Pembalap Mercedes-AMG Petronas, Valtteri Bottas (Foto: REUTERS)

ISTANBUL - Pembalap tim Mercedes-AMG Petronas, Valtteri Bottas berhasil meraih pole position pada F1 GP Turki 2021. Hasil ini membawa Bottas start terdepan pada balapan nanti.

Bottas sebenarnya tak mencatatkan waktu tercepat pada sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Istanbul Park. Pada saat kualifikasi, rekan satu timnya yakni Lewis Hamilton menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 24,585 detik. 

Hamilton mencatatkan waktu putaran terbaik mengungguli rekan satu timnya, Bottas dan rival utamanya, Max Verstappen. Hanya saja, Hamilton justru akan memulai balapan dari posisi ke-11. Hal itu dikarenakan pembalap asal Inggris itu harus mengganti elemen mesin dan wajib turun 10 peringkat.

Pembalap Mercedes-AMG Petronas, Valtteri Bottas (Foto: REUTERS)

Hal itu memunculkan teori jika Bottas diperintahkan untuk tak melaju lebih kencang ketimbang Hamilton. Karena posisi Hamilton berpeluang makin turun, jika Bottas menjadi yang tercepat.

Meski begitu, Bottas menegaskan jika dia sama sekali mendapat instruksikan untuk mengalah. Dia bahkan berusaha melaju secepat mungkin dan merebut pole position.

Hanya saja, pembalap asal Finlandia tersebut mengakui mendapat beberapa masalah saat kualifikasi. Akibatnya, dia tak bisa melaju sekencang mungkin, walau pada akhirnya merebut pole position.

“Saya tidak diminta untuk melaju pelan. Saya memang mengalami kesulitan pada bagian depan saat menjalani sektor terakhir. Hal itu membuat saya kesulitan berbelok,” kata Bottas dikutip Motorsport, Minggu (10/10/2021).

“Saya bisa merasakan mulai kehilangan waktu. Mungkin saya menggunakan ban lebih dari seharusnya. Saya benar-benar mendorong. Namun, sesi kualifikasi juga sulit. Bahkan masih ada titik-titik basah sehingga harus berhati-hati,” tukasnya.
 

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.5944 seconds [13]