logo
Basket | Detail

Pola Pertahanan Zone Defence dalam Bola Basket, Beserta Keuntungannya

Okta Novanto
Selasa, 06 September 2022, 18:30 WIB
Pola Pertahanan Zone Defence dalam Bola Basket, Beserta Keuntungannya
Terdapat beberapa strategi bertahan dalam bermain basket ( (Foto: REUTERS)

JAKARTA - Pola pertahanan zone defence dalam bola basket merupakan salah satu strategi yang paling populer pada olahraga ini. Bola basket merupakan pertandingan yang memiliki konsep menyerang dan bertahan. Upaya dalam bertahan ada berbagai macam, salah satunya yang sering diterapkan yaitu zone defence.

Menurut FIBA, zone defence adalah upaya seorang pemain mempertahankan wilayah lapangan serta anggota tim lawan yang berada di area tertentu. Strategi bertahan ini terfokus pada penguasaan area dekat ring, dengan begitu lawan akan kesulitan melakukan shoot di dekat ring.

Penasaran dengan pola pertahanan zone defence dalam bola basket? Berikut informasinya telah sportstars rangkum dari berbagai sumber;

Strategi bertahan dalam bermain basket (Sumber: Instagram)

Pola Pertahanan Zone Defence dalam Bola Basket

  1. Pola Pertahanan Zone Defence 3-2

Pola ini digunakan untuk menutup wing area sekaligus mengurangi agresivitas inside forward. Karena area samping sudah dikuasai membuat pemain lawan melakukan shoot yang kurang akurat karena dari jarak dan sudut yang tidak tepat.

Tipe defense ini baik untuk meredam lawan yang memiliki backcourt dengan kemampuan shooting yang bagus serta mencegah second chance karena rebound.

  1. Pola Pertahanan Zone Defence 2-3

Strategi bertahan dalam bermain basket (Sumber: Instagram)

Strategi tipe ini sangat umum digunakan dalam kompetisi basket di amerika serikat, tujuan utamanya yakni untuk meredam agresivitas forward lawan.

Seringkali pemain Center dan PF lawan memaksa masuk ke paint area untuk mendapatkan point atau drawing foul. Dengan menggunakan strategi ini, defender dapat menutup gerak dan jalur passingnya.

  1. Pola Pertahanan Zone Defence 1-2-2

Pola pertahanan ini merupakan salah satu perkembangan dari zone defense 3-2. Perbedaannya, pemain di posisi 1 memiliki area yang lebih tinggi dan aktif untuk melakukan pressing terhadap ball handler lawan.

Terdapat 2 pemain di belakangnya yang akan mengikuti pola yang terbentuk. Umumnya formasi ini akan sangat berguna untuk tim yang suka bermain cepat dan melakukan fastbreak. 

  1. Pola Pertahanan Zone Defence 1-3-1

Strategi bertahan dalam bermain basket (Sumber: Instagram)

Zone defence ini memanfaatkan luas area untuk menutup gerakan terhadap setiap posisi pemain lawan di lapangan.

Dengan terisinya semua area, lawan akan kebingungan dalam melakukan penetrasi ataupun umpan-umpan pendek. Strategi ini untuk mengantisipasi tim lawan dengan shooter yang akurat sehingga ia kesulitan untuk melakukan shoot.

Keuntungan Pola Pertahanan Zone Defence

Berikut keuntungan pola pertahanan zone defence:

  • Mengantisipasi passing-passing pendek antar pemain lawan
  • Efektif untuk menekan lawan agar pemain lawan membuat kesalahan.
  • Zone defence berguna untuk meredam kemampuan pemain kunci lawan yang andal menggiring bola (dribbling) dan andal dalam shoot.


Demikian informasi mengenai pola pertahanan zone defence dalam bola basket. Semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca semua.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1624 seconds [13]