logo
Bola Lainnya | Detail

Pola Pertahanan Man to Man Marking dalam Sepak Bola, Kelebihan dan Kekurangannya

Tim Sportstars
Selasa, 02 Agustus 2022, 16:30 WIB
Pola Pertahanan Man to Man Marking dalam Sepak Bola, Kelebihan dan Kekurangannya
Pola pertahanan man to man marking dalam sepak bola menjadi salah satu strategi yang biasa dipakai. (Foto: Premier League)

JAKARTA - Pola pertahanan man to man marking dalam sepak bola akan dibahas pada artikel kali ini. 
Man to man marking merupakan salah satu strategi bertahan dalam sepak bola, di mana satu pemain menempel pemain yang lain dalam arti menjaga ketat sang lawan.

Pola man to man marking melibatkan satu pemain bertahan yang bertugas menjaga satu penyerang lawan. Setiap penyerang lawan tersebut masuk ke daerah pertahanan, maka si pemain bertahan harus mengawalnya kemanapun dia bergerak.

Namun, jika pemain penyerang lawan tersebut keluar dari daerah pertahanan, maka pengawalannya bisa sedikit dilonggarkan. 

Akan tetapi, penjaga tersebut harus selalu siap dan waspada terhadap kemungkinan adanya pemain lain yang masuk ke daerah yang dijaganya.

Untuk melakukan teknik ini, setiap pemain diharuskan memiliki stamina yang prima karena kekuatan individu menjadi kunci utama dari keberhasilan teknik pertahanan ini.

Kelebihan dari pertahanan ini tentunya terletak pada konsentrasi si pemain yang mendapat tugas. Sebab, pemain dapat berkonsentrasi hanya pada satu lawan saja.

Namun, kekurangannya, pertahanan menjadi rapuh jika pihak lawan unggul 1 vs 1. Sehingga mau tidak mau harus mengikuti tempo pihak lawan.

Dan, jika yang menerima tugas ini lemah, maka penyerang lawan dapat memanfaatkan momen tersebut untuk melewatinya dengan mudah. (Antika Fahira)

Editor : Abdul Haris

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2036 seconds [12]