Basket | Detail

Pola Pertahanan Bola Basket, Individu, dan Beregu

Wikku D. Nugroho
Senin, 06 Juni 2022, 18:27 WIB
Pola Pertahanan Bola Basket, Individu, dan Beregu 
Pola pertahanan basket yang solid, penting untuk dimiliki setiap tim basket.

JAKARTA-Pola pertahanan bola basket menjadi info sangat menarik akhir-akhir ini. Karena olahraga basket semakin populer di masyarakat Indonesia. Basket sangat menyenangkan untuk dimainkan oleh berbagai kalangan usia, baik tua dan muda. 

Tujuan dari permainan olahraga basket adalah memasukkan bola basket sebanyak-banyaknya ke ring tim lawan. Strategi dan pola pertahanan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan selama bermain olahraga bola basket. 

Pola pertahanan diperlukan agar lini pertahanan tidak mudah ditembus lawan dan tim tidak lawan sulit mencetak poin. Berikut rangkuman informasi mengenai pola pertahanan bola basket. 

Pola pertahanan bola basket

Pola pertahanan bola basket dibagi menjadi dua kategori yakni individu dan beregu. Faktanya pola pertahanan individu wajib dimiliki dalam setiap tim. Sehingga setiap pemain akan berlatih pola pertahanan individu.

Karena bila kemampuan dalam pertahanan individu sudah cukup baik, maka tim akan dengan mudah membuat strategi pertahanan yang solid dan kompak.

Berikut strategi pola pertahanan individu:

1. Pola Pertahanan Individu 

  • Menjaga Pemain yang Melakukan Pivot

Pivot menjadi salah satu teknik andalan seorang pemain untuk mencetak poin. Ada beberapa cara bagi pemain lawan untuk mencegah lawan mencetak poin dengan menggunakan teknik pivot ini.

Salah satunya dengan menghalangi area tembakan lawan dengan tangan. Dengan begitu lawan akan sulit mencetak angka bila mereka menggunakan pivot. 

  • Defensive Rebound

Pola pertahanan individu selanjutnya adalah defensive rebound. Teknik ini haruslah dikuasai setiap pemain dalam tim. Ketika lawan gagal mencetak angka maka akan terjadilah bola rebound.

Maka pemain haruslah memprediksi dimana jatuhnya bola dan rebutlah bola secepat mungkin. 

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam defensive rebound ini. Seperti hadang dengan menggunakan badan yang agak didorong ke belakang demi mencegah lawan menguasai bola.

Setelah melakukan rebound, amankan bola terlebih dahulu. Setelah kiranya kondisi sekitar aman, barulah lakukan serangan balik.

  • Menjaga Penyerang Melakukan Cutting dan Dribbling 

Teknik ini digunakan ketika pemain ingin menghadang lawan agar tidak masuk ke dalam area pertahanan tim. Cara ini bisa dilakukan dengan merentangkan tangan di depan lawan agar lawan tidak bisa menerima operan dari rekannya.

Tapi harus dihindari kontak fisik yang berlebihan ke lawan agar tidak terjadi pelanggaran. Tentunya ini akan menguntungkan bagi tim lawan. 

2. Pola Pertahanan Beregu

Komunikasi dan kerja sama dalam tim menjadi hal yang dibutuhkan untuk menjalankan pola pertahanan beregu ini. Zone defense menjadi salah satu teknik pertahanan beregu, dimana pola ini setiap pemain memiliki tugas individu untuk menjaga area pertahanan tim 

Beberapa keuntungan yang didapat ketika menjalankan taktik zone defense ini antara lain:

  • Sangat efektif untuk melawan regu yang lemah dalam penguasaan bola
  • Sangat berguna bila pemain cadangan tidak cukup
  • Mencegah terjadinya penerobosan oleh pemain lawan.
  • Sangat efektif untuk melawan tim yang selalu mengandalkan teknik dribbling dalam melakukan penyerangan
  • Besar kemungkinan untuk melakukan serangan kilat setelah melakukan defensive rebound.

Tambahan juga, terdapat formasi dan pola pertahanan regu zone defense yang bisa digunakan. Antara lain formasi pertahanan dengan; 3-2, pola 1-3-1, pola 1-2-2, serta pola 1-1-3. 

Demikian informasi mengenai pola pertahanan bola basket. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca mengenai olahraga bola basket. 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1352 seconds [13]