Basket | Detail

Pola Permainan Bola Basket: Penyerangan dan Pertahanan

Tim Sportstars
Selasa, 12 April 2022, 12:38 WIB
Pola Permainan Bola Basket: Penyerangan dan Pertahanan
Pola permainan bola basket: penyerangan dan pertahanan (Foto: REUTERS)

POLA permainan bola basket dibagi menjadi dua yakni pola penyerangan dan pertahanan. Pola dasar ini berguna bagi sebuah tim untuk dapat mendulang banyak poin dan memenangkan pertandingan.

Taktik dalam bola basket dipahami sebagai semua tindakan terorganisir untuk menyerang dan bertahan, yang digunakan oleh pemain untuk mencapai kesimpulan yang direncanakan.

Pola penyerangan bertujuan untuk menciptakan peluang dan memasukkan bola ke ring lawan sebanyak-banyaknya dan menciptakan poin. Salah satu pola penyerangan dalam bola basket adalah pola serangan separuh lapangan.

Melalui penggunaan taktik yang berbeda yang ditargetkan maka sebuah tim bisa mendapatkan keuntungan yang menentukan dalam permainan bola basket, --yang pada akhirnya dapat mengarah pada memenangkan pertandingan.

Pola penyerang bola basket (foto: REUTERS)
Pola penyerang bola basket (foto: REUTERS)

Pola Penyerangan Bola Basket

Pola Penyerangan Bebas 

Penyerangan tanpa bola yang sangat bergantung dari penguasaan taktik, teknik maupun kesempurnaan fisik setiap anggota tim yang sangat tinggi. Meskipun bebas, namun penyerangan ini harus tetap ada koordinasi, kerjasama dan tujuan yang sama antar pemain yaitu menghasilkan poin atau memasukan bola kedalam keranjang lawan berlari antara dua atau tiga permain.

Pola Penyerangan Kilat (fast break)

Serangan kilat merupakan usaha untuk memperoleh posisi tembakan pada saat lawan belum sempat menempati posisi jaganya (Defense). Serangan kilat suatu senjata yang cukup baik untuk menghancurkan pertahanan lawan.

Serangan kilat biasanya dilakukan dengan dua atau tiga kali operan. Bola harus sudah berada di dekat ring lawan dan penyerang harus siap melakukan eksekusi bola untuk menghasilkan point.

Pola Penyerangan Berpola (patern)

Ini merupakan pola penyerangan yang sudah direncanakan di awal sehingga tim dapat memperoleh serangan-serangan yang teratur dan sangat menghemat tenaga. Penyerangan berpola baik dilakukan bila setiap pemain sukar menembus penjagaan lawan, serta berguna untuk memperlambat tempo penyerangan.

Dalam bola basket, tujuan pertahanan adalah untuk mendapatkan bola dengan mencuri bola atau mendapatkan rebound defensif. Tugas mereka adalah mencegah lawan mencetak gol. Pemain bola basket melakukan ini dengan memblokir dan mencuri bola.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 1.1366 seconds [13]