logo
Bola Lainnya | Detail

Pola Formasi Menyerang pada Permainan Sepak Bola, Lebih Mudah Bikin Gol!

Tim Sportstars
Senin, 26 September 2022, 18:26 WIB
Pola Formasi Menyerang pada Permainan Sepak Bola, Lebih Mudah Bikin Gol!
4-3-3 merupakan salah satu pola formasi menyerang pada permainan sepak bola. (Foto: themastermindsite)

JAKARTA - Pola formasi menyerang pada permainan sepak bola bisa mempermudah tim membuat gol ke gawang lawan. Karena dengan formasi menyerang, peluang akan lebih banyak tercipta. 

Formasi menyerang dalam sepak bola merupakan sebuah pola penyerangan yang diperlukan agar dapat memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin. 

Pola formasi penyerangan dapat berjalan dengan baik apabila pemain menjalankan instruksi dan bertanggung jawab atas tugas di posisinya. Keberhasilan sebuah formasi serangan tergantung tajam atau tidaknya tim dalam melancarkan serangan.

Menyusun pola formasi serangan memerlukan beberapa hal, pemain yang membantu serangan, pemain yang dapat mengatur serangan, pemain yang dapat memancing lawan agar daerah lawan dapat diterobos, dan adanya pemain yang bertugas mencetak gol. 

Terdapat beberapa formasi menyerang dalam permainan sepak bola. Simak ulasannya. 

Pola Formasi Menyerang pada Permainan Sepak Bola

1. Formasi Penyerangan 4-3-3

Formasi menyerang dalam sepak bola memiliki peran penting dalam menentukan kemenangan. Bisa dipastikan semua kesebelasan pasti punya formasi serta strategi fleksibel untuk berhadapan dengan musuh yang spesifik.

Formasi 4-3-3 banyak dipakai oleh para klub sepak bola karena efisiensinya dalam bertahan maupun menyerang. Formasi ini terdiri dari 4 pemain bek, 3 gelandang dan 3 penyerang. 

Pada formasi ini terdapat 2 pemain belakang yang fokus pada pertahanan, yakni dua bek tengah. Sementara bek kanan dan kiri bukan hanya harus kuat bertahan, tapi juga membantu serangan jika dibutuhkan. 

Formasi ini menempatkan 3 orang pada posisi gelandang. Satu gelandang di tengah bertugas lebih bertahan jaga keseimbangan. Sementara dua gelandang lainnya sebagai pengatur serangan, namun juga ikut membantu pertahanan.  

Sementara di depan terdapat tiga pemain. Dua merupakan pemain sayap (winger) yang bertugas menyisir sisi kanan dan kiri dan memberi umpan kepada satu striker di tengah. Atau, para winger bisa menyusup masuk untuk langsung mengancam gawang lawan.

Sementara satu pemain lagi merupakan targetman yang bertugas mencetak gol atau membuka ruang untuk pemain lain. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1930 seconds [12]