Tim Nasional | Detail

PM Israel Klaim Negaranya Didukung FIFA Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Rio Eristiawan
Rabu, 13 Oktober 2021, 20:48 WIB
PM Israel Klaim Negaranya Didukung FIFA Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030
Trofi Piala Dunia (Foto: FIFA)

TEL AVIV - Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett, mengklain negaranya dapat dukungan dari FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Hal itu disampaikan usai Presiden FIFA Gianni Infantino berkunjung ke Israel beberapa waktu lalu. 

Dalam pertemuan tersebut, ada banyak pembicaraan dalam beberapa bulan terakhir tentang kemungkinan Israel menjadi tuan rumah Piala Dunia. FIFA sepertinya ingin mendukung Israel menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 bersama beberapa negara Arab. 

Kedatangan Infantino ke Israel adalah untuk menghadiri Konferensi Pos Yerusalem Tahunan ke-10. Pria asal Italia itu melihat adanya kemungkinan Israel menjadi tuan rumah Piala Dunia suatu hari nanti. 

Menurut Infantino, salah satu cara yang membuka jalan Israel menjadi tuan rumah Piala Dunia adalah dengan menormalisasi hubungan dengan sejumlah negara tetangga. Dua di antaranya adalah Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain yang dinilai bisa membantu menyukseskan kampanye pencalonan. 

"Selama pertemuan mereka, Presiden FIFA mengemukakan gagasan Israel, selain negara-negara di kawasan itu, yang dipimpin oleh UEA, berpartisipasi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030," bunyi pernyataan resmi Kantor PM Israel, dilansir dari Middle East Monitor, Rabu (13/10/2021). 

Sementara itu, Asosiasi Sepak Bola Palestina menolak mentah-mentah usulan Infantino tersebut. Apalagi, dia hadir dalam sebuah upacara yang diadakan di reruntuhan pemakaman Islam kuno di Yerusalem. 

Palestina justru menuding Infantino mempolitisasi olahraga dan tidak bertujuan untuk perdamaian atau toleransi. Hal tersebut terkesan ironis mengingat FIFA sendiri sering mengampanyekan sepak bola tak boleh dicampuri urusan politik. 

Timnas Israel sendiri sejauh ini baru sekali tampil di Piala Dunia, tepatnya pada edisi 1970 di Meksiko. Ketika itu, Israel hadir sebagai perwakilan AFC. Kini, mereka tercatat sebagai anggota UEFA setelah sempat terasing pada 1974-1991. 

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS

/ rendering in 1.8529 seconds [13]