logo
Hobi | Detail

Pilihan 6 Olahraga Meninggikan Badan 15 cm dalam 1 Minggu

Intan Rachmasari
Kamis, 15 September 2022, 00:05 WIB
Pilihan 6 Olahraga Meninggikan Badan 15 cm dalam 1 Minggu
Bersepeda dapat membantu untuk meninggikan badan.

JAKARTA - Pilihan olahraga meninggikan badan 15 cm dalam 1 minggu saat ini bukan lagi hal yang mustahil untuk dicapai. Banyak orang di dunia ini yang mendambakan tubuh dengan tinggi badan yang ideal. 

Tubuh dengan tinggi yang ideal tak jarang juga menunjang penampilan seseorang, sehingga bisa lebih percaya diri. Walaupun pada dasarnya tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh faktor bawaan seperti jenis kelamin, usia dan gen seseorang. 

Banyak orang yang merasa tidak percaya diri dengan tinggi badan yang kurang ideal. Sehingga tak jarang orang menggunakan cara instan yang kurang tepat untuk membantu proses meninggikan badan, seperti mengkonsumsi suplemen yang tidak aman bagi kesehatan. 

Tak perlu khawatir, kali ini Sportstars.id akan merangkum 5 olahraga untuk meninggikan badan dalam 1 minggu dengan cara alami dan hasil yang maksimal yang telah dilansir dari beberapa sumber. 

Cara Meninggikan Badan 15 cm dalam 1 Minggu

  1. Bergelantung

Pull Up (Sumber: Instagram)

Olahraga bergelantung menjadi salah satu olahraga yang efektif untuk menambah tinggi badan dan jenis olahraga ini mudah untuk dilakukan. Olahraga bergelantung bertujuan untuk meluruskan posisi tulang belakang seseorang. 

Olahraga ini baik dilakukan di usia anak anak untuk membantu pertumbuhan. Pada saat melakukan ini usahakan bagian lengan, bahu dan tangan dengan posisi relax untuk meminimalisir terjadi cidera. 

Bergelantung bisa dilakukan dimana saja. Dilakukan selama 20 menit dengan 3 kali repetisi untuk hasil yang maksimal.

  1. Lompat Tali 

Skipping. (Foto: theconversation.com)

Lompat tali adalah olahraga peninggi badan yang paling umum diketahui orang orang. Gerakan melompat memanjang dapat membantu peregangan tubuh dan menambah rangsangan dalam pertumbuhan tulang. 

Lompat tali berpusat pada kekuatan otot kaki dan lengan. Saat memutarkan tali skipping membuat lengan bekerja maksimal untuk mengkontraksikan otot, melepaskan hormon pertumbuhan ke seluruh  tubuh, termasuk tubuh bagian bawah.

  1. Peregangan Tubuh

Mo Salah pemanasan jelang laga

Peregangan pada tubuh adalah salah satu cara mudah dan efektif  untuk menambah tinggi badan. Semakin sering melakukan peregangan pada tubuh, tubuh akan semakin lentur dan mudah untuk semakin bertambah tinggi. 

Salah satu peregangan yang bisa dilakukan adalah leg stretch. Dengan memposisikan kaki sejajar, kemudian sentuh jari - jari kaki dengan posisi tubuh yang baik tanpa membungkuk. Tahan posisi ini hingga beberapa detik dan rasakan tiap peregangan pada tubuh. 

  1. Berenang 

Renang Open Water

Menurut beberapa sumber, berenang merupakan cara yang efektif untuk menambah tinggi badan. Karena  berenang dapat melatih semua otot - otot pada tubuh dan akan membantu menambah tinggi badan. 

  1. Basket

Pelita Jaya Bakrie secara heroik mampu menyudahi perlawanan RANS PIK Basketball di gim ketiga Playoff IBL 2022 dengan skor 93-86.  (FOTO: Instagram @pelitajayabasketball)

Basket adalah jenis olahraga bola besar yang membutuhkan kombinasi gerak tubuh yang maksimal. Gerakan berlari dan melompat akan membantu pertumbuhan tinggi badan seseorang. 

Manfaat lari dan melompat ini akan melancarkan aliran darah ke dalam lempeng epifisis, lempeng pada tulang yang berisi sel pertumbuhan hingga mencapai tinggi maksimal.

  1. Bersepeda 

Balap Sepeda BMX

Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang mudah dilakukan untuk mendapatkan tubuh tinggi ideal. Selain untuk meningkatkan stamina, bersepeda juga dinilai dapat membantu pertumbuhan tulang. 

Pada kegiatan bersepeda bagian kaki akan bekerja secara maksimal untuk mengayuh pedal sepeda. Beban pada bagian kaki ini dapat membuat kaki lebih kuat. Gerakan mengayuh ini dapat memberikan dampak positif, yaitu meningkatkan aliran darah pada lutut dan otot paha yang merangsang pertumbuhan.

Demikian informasi mengenai 6 olahraga meninggikan badan dengan cepat dalam seminggu versi Sportstars.id. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1618 seconds [13]