Liga Inggris | Detail

Philippe Coutinho Resmi Milik Aston Villa, Barcelona Rugi Besar

Basudiwa Supraja
Jum'at, 13 Mei 2022, 10:30 WIB
Philippe Coutinho Resmi Milik Aston Villa, Barcelona Rugi Besar
Penyerang anyar Aston Villa, Philippe Coutinho (REUTERS)

BARCELONA - FC Barcelona dipastikan merugi 130 juta pounds atau setara dengan Rp2,3 triliun karena Philippe Coutinho. Pemain yang dipinjamkan ke Aston Villa pada Januari lalu itu kini telah resmi dibeli secara permanen dengan harga yang jauh lebih murah.

Pasalnya, pemain berpaspor Brasil itu dibeli oleh Barcelona seharga 135 juta euro (Rp2 triliun) dari Liverpool 2018 lalu menurut Transfermarkt. Namun Goal menyebutkan pembelian Barca kala itu bahkan menyentuh angka 147 juta pounds (Rp2,6 triliun).

Pembelian tersebut dilaporkan menjadi yang termahal dari bursa transfer Barcelona sepanjang sejarah mereka. Namun kiprah Coutingo jauh diluar ekspektasi. Sang pemain lebih sering dipinjamkan.

Kini nilai pasar Coutinho mendadak anjlok setelah rela menerima tawaran harga miring dari Aston Villa. Diketahui kesepakatan itu hanya bermodalkan mahar 20 juta euro (Rp303 miliar).

Angka tersebut tentu sangat jauh dari kocek yang dikeluarkan Barcelona saat mengangkutnya dari Liverpool kala itu. Ini tentu menjadi sebuah kerugian sangat besar yang dialami Barcelona.

Coutinho hanya mengemas 25 gol dari 106 laganya dengan Barcelona. Catatan tersebut tidak seimpresif ketika dirinya tampil bersama Liverpool dengan perolehan 54 gol.

Coutinho sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen pada Agustus 2019. Kini hasratnya bermain kembali di Liga Inggris muncul setelah peminjaman ke Aston Villa.

Barcelona diketahui sempat mengalami masalah finansial beberapa waktu lalu. Meski mulai membaik, tetapi mereka tidak sepenuhnya bisa belanja dengan bebas.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1372 seconds [12]