F1 | Detail

Perubahan Regulasi, Sejumlah Pabrikan Baru Siap Ramaikan Balapan F1

Fitradian Dhimas Kurniawan
Kamis, 23 Desember 2021, 15:30 WIB
Perubahan Regulasi, Sejumlah Pabrikan Baru Siap Ramaikan Balapan F1
GP Abu Dhabi jadi seri terakhir musim balap F1 2021 (Foto: Reuters/Ahmed Jadallah)

INGOLSTADT - Perubahan regulasi yang diterapkan di ajang Formula One menjadi sinyal positif bagi sejumlah pabrikan. Terkini, pabrikan asal Jerman, Audi, dikabarkan segera memasuki F1 dalam beberapa tahun ke depan.

Mulai F1 2022, seluruh spesifikasi mesin mobil akan dibekukan. Dengan begitu, pabrikan mobil tidak akan mengeluarkan lebih banyak dana untuk mengembangkan mesin mobil hingga 2025.

Menurunnya biaya membuat sejumlah pabrikan tertarik untuk bergabung. Apalagi selepas mundurnya Honda, yang membuat pabrikan mobil yang terlibat semakin sedikit dan F1 berharap ada pabrikan baru yang bergabung.

Seperti dikabarkan Racefans, Kamis (23/12/2021), Audi kini tertarik untuk bergabung di F1. Mereka berencana untuk mengajukan niatannya kepada FIA pada awal tahun mendatang.

Meski begitu, mereka tidak ada niatan untuk segera masuk ke F1. Mereka baru ikut serta ke ajang balap paling bergengsi tersebut pada setidaknya 2026 mendatang, ketika pembekuan mesin berakhir.

Sebenarnya Audi sudah beberapa kali dikabarkan untuk bergabung di F1. Namun, mereka selalu menemui kendala, sehingga harus menunda keputusan untuk bergabung.

Pada tahun ini, pabrikan asal Jerman itu juga diberitakan bakal bergabung dengan F1. Karena tidak mau dibebankan dengan biaya pendaftaran, mereka berniat membeli tim Inggris, McLaren.

Namun, McLaren dengan cepat membantah kabar tersebut. Mereka menegaskan jika tidak ada kontak dengan Audi atau Porsche, pabrikan asal Jerman lain yang masih berada di bawah satu payung perusahaan, Volkswagen.

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1131 seconds [13]