logo
Hobi | Detail

Pertolongan Pertama Saat Cedera Olahraga, Ada 7 Cara!

Intan Rachmasari
Selasa, 26 Juli 2022, 01:23 WIB
Pertolongan Pertama Saat Cedera Olahraga, Ada 7 Cara!
Cedera olahraga membutuhkan pertolongan pertama yang harus diketahui (Foto: Instagram/Marc Marquez).

JAKARTA-Pertolongan pertama saat cedara olahraga menjadi hal sangat penting untuk diperhatikan. Cedera yang terjadi selama olahraga memang akan menghambat seseorang untuk tampil maksimal. 

Banyak tujuan seseorang melakukan olahraga mulai dari sebagai sarana hiburan, untuk mendapatkan tubuh ideal hingga untuk menyembuhkan suatu penyakit. Tapi tidak jarang kegiatan olahraga ini malah menyebabkan cedera bagi pelakunya dan malah menimbulkan masalah baru. 

Perlu diketahui ada beberapa cara untuk pertolongan pertama cedera olahraga sebelum keadaan semakin parah. Dirangkum dari beberapa sumber akan sportstars.id bahas informasinya

Pertolongan Pertama Saat Cedera Olahraga, Ada 7 Cara!

  1. Mengistirahatkan Bagian Tubuh yang Cedera

JAKARTA - Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Yeremia Erich Rambitan dibawa keluar lapangan menggunakan kursi roda usai mengalami cedera saat bertanding melawan pasangan ganda putra Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik dalam babak 8 besar East Ventures Indon

Apabila terjadi cedera saat melakukan olahraga ada baiknya untuk bagian tubuh tersebut diistirahatkan. Hal ini bertujuan supaya bagian yang cedera bisa rileks untuk proses penyembuhan dan tidak memperparah kondisinya. 

Hindari juga beban yang berlebih pada bagian tubuh yang mengalami cedera. Contohnya adalah penggunaan kursi roda apabila ada cedera parah pada bagian kaki.

  1. Kompres dengan Es Pada Bagian Cedera

Kompres dengan es batu bisa meringankan cedera engkel. (Foto: sock wallet)

Penggunaan es untuk menghentikan peradangan terbilang cukup efektif. Cara pengaplikasiannya adalah dengan membungkus es dengan kain handuk sebelum dikompres pada bagian yang terdapat peradangan. 

  1. Balut dengan Perban 

Balut dengan perban elastis tempat yang mengalami cedera engkel. (Foto: uhhospitals)

Apabila terdapat cedera dalam berolahraga dengan jenis luka terbuka maka balutlah luka dengan kain kasa. Lakukan pembalutan yang tebal pada bagian luka untuk menghambat proses pendarahan dan menghindari resiko pembengkakan.

  1. Tinggikan Posisi Bagian Tubuh yang Cedera

Sandy Walsh selesai menjalani operasi bedah untuk mengatasi cedera patah tulang selangka yang dialami (Foto: Instagram/@sandywalsh)

Apabila terdapat cedera berupa perdarahan saat melakukan olahraga ada baiknya untuk meninggikan bagian tubuh yang berdarah. Beberapa ahli mengatakan posisi bagian yang cedera ada baiknya lebih tinggi dari dada ketika berbaring.

  1. Hindari Bentuk Pemijatan 

Pemijatan pada area cedera dapat meningkatkan perdarahan dan pembengkakan di area cedera, memperburuk cedera, dan menunda penyembuhan. Hindari pijat, terutama selama 3 hari pertama cedera karena dalam waktu ini bagian yang cedera masih membengkak.

Demikian informasi mengenai 5 cara pertolongan pertama saat terjadi cedera olahraga. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia sportstars.id. 
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1577 seconds [12]